Skip to main content
Berita UtamaBerita SatkerBidang Rehabilitasi

SUKSESKAN LAYANAN IBM, BNN RI BEKALI PENDAMPING AGEN PEMULIHAN

Oleh 18 Mar 2024Maret 24th, 2024Tidak ada komentar
SUKSESKAN LAYANAN IBM, BNN RI BEKALI PENDAMPING AGEN PEMULIHAN
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) melalui Direktorat Penguatan Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah (PLRIP) Deputi Bidang Rehabilitasi memberikan pelatihan teknis kepada Pendamping Agen Pemulihan Unit Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM), di Best Western, Jakarta, pada Senin (18/3).

Pelatihan diberikan kepada 72 orang Pendamping Agen Pemulihan Unit IBM selama 4 (empat) hari, mulai dari 18 s.d. 21 Maret 2024, dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi dalam memberikan layanan rehabilitasi bagi pecandu atau korban penyalahgunaan narkotika di Unit IBM.

IBM merupakan pendekatan rehabilitasi dalam bentuk layanan minimal dan ambang batas rendah (low threshold) yang berarti layanan tersebut mudah diakses dan tidak membutuhkan banyak persyaratan.

dr. Yossi Eka Putri, Koordinator pada Direktorat PLRIP Deputi Bidang Rehabilitasi BNN, menjelaskan bahwa intervensi rehabilitasi yang dilakukan pada Unit IBM melibatkan peran serta masyarakat secara langsung. Agen Pemulihan IBM berasal dari masyarakat dan intervensi rehabilitasi dilakukan untuk masyarakat, yang programnya disesuaikan dengan kearifan lokal.

Lebih lanjut dr. Yossi menyampaikan bahwa Agen Pemulihan perlu mendapatkan pengetahuan dan keterampilan terkait dengan narkotika dan penanganannya sesuai dengan kondisi yang terjadi di lapangan.

Baca juga:  FORPIS KABUPATEN CIAMIS PEDULI BAHAYA NARKOBA

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka peningkatan kemampuan pendamping Agen Pemulihan yang akan bertugas dilapangan nanti, untuk memberikan peningkatan kemampuan juga kepada Agen Pemulihan pada layanan Intervensi Berbasis Masyarakat,” ujarnya.

Melihat pentingnya peran Agen Pemulihan terhadap keberhasilan IBM, dr. Yossi mengatakan bahwa BNN terus melakukan penyempurnaan terhadap layanan tersebut selama 3 (tiga) tahun layanan IBM berjalan. Penyempurnaan utamanya dilakukan dari segi materi yang disesuaikan dengan realita di lapangan.

Melalui pelatihan teknis ini, BNN tidak sekadar berharap dapat meningkatkan kemampuan Pendamping Agen Pemulihan saja, tetapi juga para pendamping dapat berbagi pengalaman ataupun permasalahan selama menjalankan tugasnya, sehingga para Pendamping Agen Pemulihan lebih kaya informasi dan dapat menjadi problem solver atas masalah-masalah yang terjadi di lapangan.

#indonesiabersinar
#indonesiadrugfree

BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN RI

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel