Skip to main content
Berita SatkerBidang Pemberdayaan MasyarakatFoto

Kick Off Meeting Pembinaan Peta Tematik Lahan Ganja Tahap I

Oleh 26 Jan 2023Februari 2nd, 2023Tidak ada komentar
Kick Off Meeting Pembinaan Peta Tematik Lahan Ganja Tahap I
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

Kick Off Meeting Pembinaan Peta Tematik Lahan Ganja Tahap IBNN.GO.ID Jakarta, Rabu 25 Januari 2023 Direktorat Pemberdayaan Alternatif ikuti
Kegiatan Kick Off Meeting Pembinaan Peta Tematik Lahan Ganja Tahap I bertujuan Membangun Kesepahaman Bersama dan Kerjasama Terkait Rencana Kerja Pembinaan Penyelenggaraan IGT Pemusnahan Ladang Ganja – Terstandar (Tahap I) Tahun 2023, Antara Dit. Narkotik, Deputi Bidang Penindakan Badan Narkotika Nasional (BNN) dengan Pusat Pemetaan dan Integrasi Tematik, Deputi Bidang Informasi Geospasial Tematik Badan Informasi Geospasial (BIG)

A. *Kegiatan dibuka oleh Brigjend. Pol. Roy Hardi Siahaan, S.I.K., S.H., M.H. Direktur Narkotika Deputi Bidang Pemberantasan, yang menjelaskan tentang maksud dan tujuan kegiatan sekaligus memberikan arahan tentang Pembinaan Peta Tematik Lahan Ganja sebagai berikut*:

• Pada tahun 2021, Badan Narkotika Nasional bersama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional serta Badan Pusat Statistik telah melaksanakan Survei Nasional Penyalahgunaan Narkoba Tahun 2021. Hasil Survei Nasional Penyalahgunaan Narkoba Tahun 2021 menunjukkan bahwa terdapat peningkatan penyalahgunaan narkotika dari tahun sebelumnya. Jenis narkotika yang paling banyak disalahgunakan adalah GANJA, dengan persentase mencapai 41,4%

• Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia & Kepolisian Negara Republik Indonesia pada tahun 2022 telah memusnahkan sebanyak 193,3 Ton ganja. Kondisi geografis Indonesia yang luas dan belum termonitor seluruhnya memberi kesempatan bagi pelaku tindak pidana untuk menanam ganja pada lokasi-lokasi terpencil dan tersembunyi. Problematika tersebut tidak hanya terjadi di Indonesia, di berbagai negara mengalami hal serupa, bahkan di negara yang telah melegalisasi ganja untuk keperluan medis dan rekreasional, tetap saja terdapat penanaman ganja secara ilegal. Keadaan tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi para penegak hukum, khususnya di Indonesia. Sebagai respon dari keadaan tersebut di atas, Badan Narkotika Nasional RI melalui Direktorat Narkotika bermaksud membentuk Peta Tematik Lahan Ganja guna mendapatkan gambaran utuh persebaran lahan ganja di Indonesia yang selanjutnya dapat dianalisis untuk membantu dalam pembentukan kebijakan dalam rangka pengentasan perilaku penanaman ganja secara ilegal oleh masyarakat

Baca juga:  Anggota ASOD Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Penanganan Narkotika dengan Sejumlah Negara

• Kick Off Meeting Pembinaan Peta Tematik Lahan Ganja Tahap I diharapkan terbentukan NSPK & SOP Pemetaan Lahan Ganja, Focus Group Discussion Terdapatnya saran/ masukan yang dapat memperkaya informasi geospasial yang terdapat dalam Peta Tematik Lahan Ganja, Uji Implementasi Terpenuhinya standar pemetaan melalui peralatan yang tersedia.

B. *Penjelasan kedua dari Ibu Lien Rosalina Kepala Pusat Pemetaan dan Integrasi Tematik Badan Informasi Geospasial dengan penjelasan sebagai berikut*:

• Cakupan tentang IG / Informasi Geospasial , tertuang dalam UU No. 4 Tahun 2011, Jika diuraikan lebih operasional, yang dimaksud sebagai penyelenggaraan IG adalah penyediaan Informasi Geospasial Dasar (IGD) bagi masyarakat. Termasuk dalam layanan ini, adalah layanan untuk jasa dan produk bidang Kategori produk IG yang berupa peta dasar, yang memuat informasi berupa Peta Rupa Bumi Indonesia (RBI) yang menggambarkan muka bumi mulai dari laut hingga daratan, produk IG yang berupa Jaring Kontrol Geodesi (JKG), adalah Jaring Kontrol Horizontal Nasional (JKHN), Jaring Kontrol Vertikal Nasional (JKVN) dan Jaring Kontrol Gaya Berat Nasional (JKBN). Dalam kategori produk ini, juga menghasilkan data Continuously Operating Reference Station (CORS), data Pengamatan Pasang Surut (PPS), dan data Digital Elevation Model (DEM). Sementara untuk kategori jasa bidang IG menyediakan layanan jasa penyelenggaraan IG, jasa pelatihan geospasial, jasa penggunaan sarana dan prasarana pendidikan serta pelatihan geospasial, serta jasa penggunaan alat pengumpulan data geospasial.
• Aplikasi layanan produk dan jasa IG utama saat ini, berupa pembuatan peta skala besar, hingga 1:5.000, yang banyak diperlukan oleh pengambil kebijakan baik di pusat maupun daerah dan pembangunan. Mereka bergegas selesaikan pemetaan skala besar sebagai dasar pembangunan dan perancangan tata ruang kota dan desa.
• Tracking dan Plotting Lokasi Pemusnahan Ladang Ganja, Peta yang dihasilkan memuat informasi jalur tracking menuju lokasi, titik-titik pos, dan lokasi ladang ganja, data spasial polygon ladang ganja yang dihasilkan selama ini memiliki struktur data yang cukup sederhana dan struktur data dapat dikembangkan sesuai kebutuhan
• Pelaksanaan kegiatan Pembinaan Penyelenggaraan IG Pemusnahan Ladang Ganja adalah mewujudkan ketersediaan IG Pemusnahan Ladang Ganja yang siap diberbagi pakaikan dan digunakan untuk mendukung kebijakan pembangunan, pelaksanaan kegiatan Pembinaan Penyelenggaraan IG Pemusnahan Ladang Ganja terstandar adalah mewujudkan ketersediaan IG Pemusnahan Ladang Ganja yang didasarkan pada dokumen mekanisme atau tata cara penyelenggaraan yang baku atau standar (Pembinaan Tahap I Tahun 2023.

Baca juga:  Pameran HLS ( Home Land Security ) di JCC

Kick Off Meeting Pembinaan Peta Tematik Lahan Ganja Tahap I

Kick Off Meeting Pembinaan Peta Tematik Lahan Ganja Tahap I

Kick Off Meeting Pembinaan Peta Tematik Lahan Ganja Tahap I#War on Drugs
#hidup 💯 persen
#sadar_sehat_produktif_&_bahagia

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel