Berita Utama

BNN-Bakamla Kerja Sama Tangkal Narkoba

Oleh 09 Jan 2019 Agustus 2nd, 2019 Tidak ada komentar
Badan Narkotika Nasional
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

Peredaran narkoba melalui jalur laut merupakan ancaman serius yang harus dihadapi dengan sungguh-sungguh. Kerja sama lintas sektor sangat dibutuhkan agar narkoba tidak bisa masuk ke wilayah perairan NKRI. Menyadari akan hal ini, Badan Narkotika Nasional (BNN) menggandeng Badan Keamanan Laut (Bakamla) untuk bersama-sama membentengi perairan Indonesia dari serbuan narkoba.

Kerja sama kali ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara BNN dengan Bakamla, di Mako Bakamla, Jakarta, Rabu (9/1). Dalam kesempatan ini, Kepala BNN RI, Drs. Heru Winarko, S.H. berharap melalui kerja sama ini, kedua pihak akan bersinergi terutama dalam operasi bersama.

BNN-Bakamla Kerja Sama Tangkal Narkoba

Selain itu, Kepala BNN juga berekspektasi ke depannya digelar pelatihan bersama, sehingga kedua pihak bisa sharing pengalaman. Dalam kesempatan ini pula, Kepala BNN memberikan informasi dan undangan secara terbuka kepada Bakamla tentang pelatihan skala internasional tentang profiling sindikat narkoba dengan peserta dari berbagai negara.

Menutup pembicaraannya, Kepala BNN berharap agar hubungan operasional bisa berjalan dengan baik. Ia juga mengingatkan tentang Inpres No.6 Tahun 2018 tentang rencana aksi nasional P4GN. Karena itulah diharapkan nantinya program P4GN bisa diterapkan di lingkungan Bakamla.

Baca juga:  BNN kenalkan tokostopnarkoba.com di Pertemuan HONLEA, THAILAND

Sementara itu, Kepala Bakamla RI, Laksamana Madya, A.Taufik. R mengatakan kerja sama sangat penting dalam menangkal ancaman di perairan Indonesia. Menurutnya, kerja sama akan lebih bermakna jika pimpinan masing-masing lembaga saling mengenal dekat.

BNN-Bakamla Kerja Sama Tangkal Narkoba

Ia mengatakan,bahwa kerja sama dengan BNN bukan kali pertama kali dilakukan. Beberapa waktu dulu, Bakamla berperan dalam pengungkapan 1 ton shabu. Kemudian pihaknya berkoordinasi dengan BNN untuk penanganan kasus selanjutnya. Ia mengatakan, hal tersebut merupakan bentuk sinergitas dan upaya bersama dalam menangkal ancaman narkoba.

Terkait ruang lingkup kerja sama yang dijalin kedua pihak dari nota kesepahaman maupun perjanjian kerja sama, kedua pihak ini akan fokus pada pelaksanaan operasi keamanan laut terpadu terkait Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia. Selain itu, kedua pihak juga berkomitmen untuk melaksanakan pertukaran data dan informasi terkait P4GN. Sementara itu, dalam bidang pencegahan, melalui perjanjian kerja sama yang disepakati kedua pihak, fokus kegiatan ke depan antara lain tentang relawan anti narkotika dan penyebarluasan informasi tentang P4GN. Sedangkan dalam bidang pemberdayaan masyarakat, BNN dan Bakamla fokus dalam hal pemberdayaan penggiat anti narkoba, pelaksanaan tes atau uji narkoba, pemberdayaan potensi masyarakat pesisir dan pulau serta pembinaan fasilitator atau mentor masyarakat pesisir dan pulau.

Baca juga:  MUDIK AMAN DAN NYAMAN TANPA NARKOBA BNN KOTA KEDIRI

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel