Skip to main content
Berita SatkerBidang Pemberdayaan MasyarakatFoto

Rapat Lanjutan Penyusunan Form Pengukuran Indeks P4GN Tahun 2023

Oleh 16 Mar 2023Maret 20th, 2023Tidak ada komentar
Rapat Lanjutan Penyusunan Form Pengukuran Indeks P4GN Tahun 2023
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 
Rapat Lanjutan Penyusunan Form Pengukuran Indeks P4GN Tahun 2023

Perwakilan dari Direktorat Pemberdayaan Alternatif BNN hadiri Rapat Lanjutan Penyusunan Form Pengukuran Indeks P4GN Tahun 2023

BNN.GO.ID. Jawa Barat, 16 Maret 2023.. Diawali dengan pemaparan Budi Utomo, Guru Besar FKM UI selaku konsultan pengukuran Indeks P4GN menyampaikan bahwa perlu pengembangan kuesioner dalam rangka menggali lebih dalam data per kedeputian. Pertanyaan dikembangkan melalui dua jenis pertanyaan. Pertama pertanyaan yang bersifat pemahaman dengan menggali data terkait struktur, proses dan output; pertanyaan kedua bersifat verifikasi terhadap indikator yang digunakan di setiap program BNN.
Kemudian, beliau memberikan masukan dalam pengembangan instrumen pengukuran dengan tujuan ¬_triangulasi_ data. Instrumen minimal mencakup beberapa hal berikut:
• Informasi lengkap tentang tugas dan fungsi kedeputian.
• Pertanyaan tentang kelembagaan termasuk termasuk kolaborasi dengan _stakeholder_.
• Pertanyaan tentang struktur hingga ke dalam direktorat atau unit kerja di dalam lingkup kedeputian tersebut dengan difokuskan bagaimana struktur mendukung kinerja.
• Pertanyaan tentang fungsi kebijakan meliputi: 1) *fungsi kebijakan* terkait kebijakan yang diterjemahkan ke dalam program, kesesuaian dengan perencanaan strategi, dan kendala atau tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan program; 2) *fungsi _quality assurance_* meliputi fungsi pembiayaan, pengawasan dan pembinaan; serta 3) *fungsi _assesment_* yaitu fungsi yang meliputi dokumentasi dan statistik rutin kegiatan.
• Pertanyaan tentang ketersediaan penentuan target dari setiap program.
• Faktor pendukung dan penghambat keberhasilan program.

Baca juga:  Tim Choir BNN RI Bergabung Dalam 3rd International Bandung Choral Festival 2023

Purwa Kurnia Sucahya, Peneliti Utama FKM UI selaku narasumber menyampaikan hasil review Dokumen Rencana Kegiatan Tahun 2022, dengan poin-poin sebagai berikut:
• Program yang dilakukan oleh BNN bersifat _top-down_.
• Proporsi anggaran tahun 2022 sebanyak 61% dialokasikan untuk pusat dan 39% dialokasikan untuk daerah.
• Fokus pengukuran Indeks P4GN Tahun 2023 adalah seluruh program yang dijalankan termasuk dukungan manajerial sama seperti pengukuran tahun sebelumnya. Namun, proses pengumpulan data akan lebih diperdalam dan terperinci dari tingkat pusat sampai dengan kota/ kabupaten dengan mempertimbangkan RO dan KRO.
• Tantangan dalam pengukuran indeks P4GN adalah adanya perbedaan RO dan KRO di tingkat pusat dan daerah seperti yang dijalankan di Kedeputian Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat.

Tindak lanjut yang akan dilaksanakan adalah tim peneliti akan mengecek relevansi instrumen pengukuran Indeks Tahun 2022 untuk digunakan pada pengukuran tahun ini.

Rapat Lanjutan Penyusunan Form Pengukuran Indeks P4GN Tahun 2023

Rapat Lanjutan Penyusunan Form Pengukuran Indeks P4GN Tahun 2023

Rapat Lanjutan Penyusunan Form Pengukuran Indeks P4GN Tahun 2023

#WaronDrugs
#SpeedUpNeverLetUp
#IndonesiaBersinar

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel