Berita UtamaBidang Pemberdayaan Masyarakat

Penggiat P4GN Adalah Orang-Orang Terpilih

Penggiat P4GN Adalah Orang-Orang Terpilih
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

BNN.GO.ID, Bandung – Direktur Peran Serta Masyarakat (PSM) BNN RI, Drs. Mohamad Jupri, M.M menjelaskan bahwa penggiat Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) merupakan orang terpilih yang memberikan sumbangsih tanpa pamrih untuk memberikan pemahaman bahaya narkoba di tengah masyarakat.

Agar kiprah penggiat P4GN maksimal, maka berbagai materi dan keterampilan perlu dimiliki. Direktur PSM BNN RI mengatakan, baik penggiat P4GN baik dari lingkungan swasta maupun masyarakat harus memiliki program yang nyata di tengah masyarakat. Karena itulah, perencanaan menjadi salah satu hal penting yang harus disusun dengan matang.

Direktur PSM mengatakan ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam rangka menggerakkan P4GN di masyarakat secara kreatif. Kegiatan P4GN itu bisa dilakukan dalam kemasan yang beragam tak hanya sebatas penyuluhan.

Ia mencontohkan, para penggiat P4GN di masyarakat bisa mengusulkan untuk membangun sarana olahraga di lingkungan masyarakat, dengan harapan bisa membuat anak-anak muda lebih menyibukan diri untuk berolahraga sehingga sehat dan jauh dari gaya hidup negatif seperti narkoba.

Selain itu, para penggiat di lingkungan perusahaan swasta juga melakukan banyak hal dalam upaya mendukung P4GN. Selain membentuk satgas anti narkoba di perusahaan, kegiatan tes urine secara berkala juga bisa dilakukan sebagai deteksi dini penyalahgunaan narkoba di tempat kerja. Para penggiat P4GN di lingkungan kerja instansi swasta juga bisa meminta waktu paling tidak lima menit untuk menyampaikan bahaya narkoba ketika kegiatan _briefing_ sebelum rutinitas pekerjaan dimulai.

Agung Muharam, perwakilan dari Horison Ultima sangat mendukung gerakan P4GN di lingkungan kerja. Ia juga memberikan apresiasi kepada BNN RI yang telah memberikan pembekalan melalui bimtek selama dua hari ini di Jawa Barat ini. Menurutnya, kegiatan ini memberikan banyak wawasan baginya tentang permasalahan narkoba.

Ketika ditanyakan tentang rencana aksi ke depan, Agung berencana untuk terjun ke lingkungan pendidikan khususnya SMK, untuk memberikan penyuluhan tentang betapa bahayanya narkoba.

Setelah para peserta bimtek mendapatkan materi yang komprehensif dari para pemateri yang kompeten di bidangnya, Direktur PSM BNN memberikan pin dan sertifikat penggiat P4GN sekaligus menjadi agenda pamungkas dari seluruh rangkaian kegiatan. *(HNY/BK)*

*Biro Humas dan Protokol BNN RI*
#hidup100persen

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel