Skip to main content
UnggulanBerita UtamaBerita SatkerSiaran Pers

HANI 2023, Momentum Percepatan Aksi Perang Melawan Narkotika

Oleh 26 Jun 2023Juli 1st, 2023Tidak ada komentar
HANI 2023, Momentum Percepatan Aksi Perang Melawan Narkotika
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) atau International Day Against Drug Abuse and Illicit Trafficking yang diperingati oleh dunia setiap tanggal 26 Juni merupakan bentuk keprihatinan dunia terhadap korban penyalahgunaan narkotika sekaligus wujud perlawanan terhadap salah satu kejahatan luar biasa (extraordinary crime) yang menjadi tantangan negara-negara di seluruh dunia.

Peringatan HANI dilakukan sebagai momentum untuk memperkuat aksi dan kerja sama dalam mencapai dunia yang bebas dari penyalahgunaan narkotika.

Pada tahun 2023, tema HANI yang diusung oleh United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) adalah “People First : Stop Stigma and Descrimination, Strengthen Prevention” dengan tujuan menghapus stigma dan diskriminasi terhadap korban penyalahgunaan narkotika serta memperkuat aksi pencegahan sebagai upaya menekan angka penyalahgunaan narkotika di dunia.

Sementara itu, peringatan HANI 2023 di Indonesia yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) sebagai leading institution dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), dimanfaatkan sebagai momentum percepatan aksi perang melawan narkotika dengan mengusung tema “Akselerasi War On Drugs Menuju Indonesia Bersinar”.

Baca juga:  Hasil Seleksi Administrasi Pasca Sanggah Pengadaan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja Tenaga Kesehatan Di Lingkungan Badan Narkotika Nasional Tahun 2023

BNN RI terus mendorong sinergitas dalam implementasi rencana/aksi kementerian/lembaga dan pemerintah daerah sesuai Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN Tahun 2020 – 2024, dengan menggelorakan War On Drugs, Speed Up Never Let Up! melalui empat strategi pendekatan, yaitu Soft Power, Hard Power, Smart Power, dan Cooperation.

Pada HANI 2023, BNN RI bersama seluruh stakeholder termasuk para duta besar negara sahabat dan organisasi internasional terkait, menggelar malam peringatan sebagai bentuk keprihatinan terhadap korban penyalahgunaan narkotika, yang berlangsung di Festival Park Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, Badung, Bali, pada Senin (26/6).

Dalam acara ini, Kepala BNN RI akan memberikan sejumlah penghargaan kepada insan P4GN yang telah memberikan kontribusi nyata dalam mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. Selain itu, Kepala BNN RI bersama seluruh stakeholder mendeklarasikan War On Drugs sebagai seruan bersama dalam perang melawan narkotika.

BNN RI berharap deklarasi War On Drugs yang diserukan secara lantang dan dengan penuh komitmen ini akan mendorong upaya percepatan aksi perang melawan narkotika untuk mewujudkan Indonesia Bersinar (Bersih Narkoba).

Baca juga:  Pegawai RUPBASAN Jalani Tes Urine

#warondrugs
#speedupneverletup

#accelerationforwarondrugs

BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN RI

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel