Berita SatkerBerita UtamaBidang Hukum dan Kerjasama

Tingkatkan Kemampuan Petugas di Lapangan, BNN-DEA Gelar Narcotics Investigation Course

Tingkatkan Kemampuan Petugas di Lapangan, BNN-DEA Gelar Narcotics Investigation Course
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

BNN.GO.ID – Lido, Badan Narkotika Nasional (BNN) bekerja sama dengan Drug Enforcement Administration (DEA) menggelar pelatihan Narcotics Investigation Course, di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) BNN di Lido, dari 9 hingga 27 Maret 2020. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Deputi Hukum dan Kerja Sama BNN, Drs. Puji Sarwono.

Dalam pembukaannya, Deputi Huker menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Amerika, khususnya DEA yang telah bersinergi dalam penyelenggaraaan pelatihan untuk yang kedua kalinya di tahun 2020. Pelatihan pertama adalah Internet Investigation Course dari tanggal 2 s.d 6 Maret 2020 yang dilaksanakan di Mabes Polri.

Deputi Huker menyebutkan, setidaknya ada enam pelatihan yang telah digelar bersama dengan DEA di tahun 2019, antara lain di Jakarta selama tiga kali, di Medan satu kali, di Bali satu kali, dan di Lido satu kali.

“Pelatihan-pelatihan tersebut sangat bermanfaat bagi para penegak hukum BNN,” imbuh Deputi Huker, dalam sambutannya, Senin (9/3).

Di hadapan 20 peserta pelatihan, Deputi Huker mengungkapkan bahwa berbagai jenis kejahatan narkoba masih merajalela. Dampak negatif dari kejahatan ini sangat mengkhawatirkan tidak hanya pada negara, tapi juga langsung kepada masyarakat, baik secara individu maupun kolektif. Indonesia percaya bahwa peningkatan kerja sama yang kuat baik di tingkat nasional, regional, dan internasional dapat mengatasi masalah ini secara efektif.

Baca juga:  UKUR KETAHANAN DIRI DARI NARKOBA DENGAN ADS*

Oleh karena itulah, ia sangat berharap agar seluruh peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan serius dan sungguh-sungguh, sehingga pengetahuan dan kemampuannya dapat meningkat dan menunjang tugas dalam upaya penanggulangan narkoba.

”Sekali lagi saya berterima kasih kepada DEA Jakarta yang telah menyelenggarakan pelatihan ini dan kerja sama kita dalam memerangi perdagangan gelap dan penyalahgunaan narkoba akan semakin meningkat, dan semoga pelatihan serupa dapat diselenggarakan secara rutin,” pungkas Deputi Huker.

Sementara itu, Brian Barger, selaku Country Attache of Indonesia juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh peserta yang hadir karena telah bersedia untuk mengikuti pelatihan yang cukup panjang. Ia juga berterima kasih kepada BNN yang mengijinkan DEA memfasilitasi kegiatan di sini.

Ia kemudian berpesan tiga hal kepada para peserta, antara lain pertama, agar peserta belajar sebanyak mungkin.

”The first, I want all the students to learn as much as possible with our experienced staff,” kata Brian.

Kedua ia berharap agar peserta tetap mengikuti kegiatan ini dengan senang hati.

Baca juga:  Terlalu, Bayi Rewel Malah Dicekoki Sabu

”It is important for people to have fun, to grow the bound,” tambah Brian.

Terakhir, ia berharap agar selama pelatihan ini, para peserta mendapat kawan baru, kolega baru, dari instansi lainnya yang akan bermanfaat di masa mendatang.

Pelatihan ini sendiri diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari 11 penyidik dari BNN RI, 4 anggota Polri, serta 5 anggota Bea dan Cukai. Pelatihan ini dipandu oleh tim instruktur dari DEA antara lain Robert Catinazzo, Franklin Crotty, dan Steve Genevish.

BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN

Instagram: @infobnn_ri
Twitter. :@infobnn
Facebook Fan page : @humas.bnn
YouTube: Humasnewsbnn

#Bersinar

#Stopnarkoba

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel