Berita Utama

RESMI DUKUNG E-KYC, BNN OPTIMIS DETEKSI TPPU NARKOTIKA LEBIH DINI

Dibaca: 33 Oleh 27 Jun 2019Agustus 2nd, 2019Tidak ada komentar
RESMI DUKUNG E-KYC
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Akurat Satu Legalitas Identitas Rakyat Indonesia (Asli RI) resmi luncurkan e-KYC (Elektronik Know Your Customer) Catatan BNN, bertepatan dengan peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang digelar BNN di The Tribrata, Jakarta Selatan, pada Rabu (26/6).

Know Your Customer adalah prinsip yang diterapkan lembaga keuangan bank ataupun non bank untuk mengetahui identitas nasabah, memantau kegiatan transaksi nasabah termasuk pelaporan transaksi mencurigakan yang sudah menjadi tanggung jawab jasa keuangan untuk menerapkannya.

Sedangkan e-KYC merupakan sebuah sistem yang dibuat untuk memverifikasi identitas nasabah tersebut secara digital dengan ekosistem yang terintegrasi.

Asli RI menginisiasi dan mengembangkan aplikasi e-KYC tersebut dalam bentuk biometric verification yang berfungsi untuk melakukan screening rekam jejak seseorang, khususnya pada sektor jasa keuangan, melalui proses identifikasi dan verifikasi data pribadi orang tersebut.

Kepala BNN, Heru Winarko, meyakini apabila e-KYC diterapkan secara maksimal dalam sistem penyelenggara jasa keuangan di Indonesia, maka BNN dapat lebih awal mengidentifikasi dan mencegah tindak pidana pencucian uang (money laundring) terkait narkotika, mulai dari tahap awal registrasi nasabah hingga kegiatan transaksi nasabah.

RESMI DUKUNG E-KYC, BNN OPTIMIS DETEKSI TPPU NARKOTIKA LEBIH DINI

Selain untuk mendeteksi transaksi money laundring, Rionald Anggara Sunarto dari Asli RI, menyatakan bahwa e-KYC juga berperan dalam mencegah penyalahgunaan narkotika didalam masyarakat.

Seperti yang diketahui, salah satu penyebab penyalahgunaan narkotika adalah adanya teman atau kelompok yang menjadi pengguna/pengedar narkotika. Oleh karena itu, menciptakan lingkungan yang bebas dari Narkoba merupakan hal penting untuk mencegah penyalahgunaan Narkoba.

Lingkungan yang bebas dari individu/kelompok pengguna Narkoba dapat diciptakan di dunia kerja atau pun pendidikan dengan menerapkan proses rekrutmen yang baik.

Dengan mengimplementasikan e-KYC menjadi salah satu syarat screening proses calon karyawan/mahasiswa akan menjadi tahap awal dan penting untuk menciptakan lingkungan bebas dari Narkoba. Karena pada e-KYC track record data pribadi, baik dari transaksi keuangan hingga kejahatan yang pernah dilakukan terekam pada aplikasi ini.

RESMI DUKUNG E-KYC, BNN OPTIMIS DETEKSI TPPU NARKOTIKA LEBIH DINI

#BERSINAR
Karo Humas dan Protokol BNN

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel