Skip to main content
UnggulanBerita UtamaBidang PencegahanBidang PemberantasanBidang Hukum dan Kerjasama

Pertemuan BNN RI dengan INL dan CADCA Perkuat Kerja Sama Cegah Narkoba

Oleh 26 Apr 2022April 27th, 2022Tidak ada komentar
Pertemuan BNN RI dengan INL dan CADCA Perkuat Kerja Sama Cegah Narkoba
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

Dalam kunjungan kerja bilateral di Washington dan New York, Amerika Serikat, pada tanggal 7-22 April 2022, BNN RI melaksanakan pertemuan dengan sejumlah pihak, seperti Bureau of International Narcotics and Law Enforcement Affairs (INL), Community Anti-Drug Coalitions of America (CADCA) dan New York Police Department (NYPD).

Deputi Pencegahan BNN RI, Drs. Sufyan Syarif, M.H. selaku pimpinan delegasi menyampaikan beberapa point penting dari pertemuan yang dilaksanakan dengan INL dan CADCA. Deputi Pencegahan BNN RI mengatakan, INL memegang peran penting karena mengemban tugas untuk menangani masalah penegakan hukum dan narkotika serta membawahi keberadaan LSM di Amerika Serikat yang berhubungan dengan luar negeri.

Saat tatap muka dengan INL, Deputi Pencegahan BNN RI yang didampingi Direktur Kerja Sama BNN RI, Drs. Achmad Djatmiko, M.A. diterima dengan hangat oleh Ms. Charlotte Sisson, Senior Foreign Affairs Officer dan Ms. Fan Yang, Foreign Affairs Officer.

“Mereka mengapresiasi kunjungan dan kedatangan Kami untuk berbicara dan tukar pikiran mengenai narkoba di Indonesia, khususnya dalam hal pencegahan dan pemberdayaan masyarakat, serta kemungkinan memperkuat kerja sama dan kegiatan yang telah berlangsung selama ini,” imbuh Deputi Pencegahan.

Baca juga:  Sukses Di Rencana Aksi Nasional P4GN Tahap I 2018-2019, BNN RI Siapkan Strategi Di Tahap II Tahun 2020-2024

Dalam pertemuan tersebut, Delegasi BNN RI menyampaikan pentingnya kerja sama internasional dalam gerakan antinarkoba serta program yang berfokus pada daerah pedesaan, keluarga, kalangan anak-anak, perempuan, dan pemuda.

“Selain itu, juga kami sampaikan pentingnya pendekatan yang menyeluruh, dari aspek pencegahan, hingga aspek pascarehabilitasi dengan bersinergi dengan para pemangku kepentingan,” ungkap Deputi Pencegahan.

Merespon penjelasan dari BNN RI, Ms. Charlotte menyatakan bahwa INL memberikan atensi pada isu zat kimia prekursor, overdosis opioid, obat-obatan sintetis, pengurangan permintaan (demand reduction), penguatan angkatan kerja, serta data dan riset seperti pencegahan berbasis bukti (evidence-based prevention).

Selain itu, Charlotte menekankan tentang pentingnya kampanye antinarkoba melalui media dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan seperti yang telah dilakukan oleh Indonesia.

Terkait potensi kerja sama dalam program desa bersinar Ms. Charlotte menegaskan komitmen kerja sama melalui dukungan Kedubes AS di Jakarta, yaitu berupa pendanaan dan pengembangan platform atau kurikulum pelatihan online.
Selain melakuan pertemuan dengan INL, BNN RI juga berdialog dengan Community Anti-Drug Coalitions of America (CADCA). CADCA adalah sebuah LSM yang diberi kepercayaan oleh INL untuk melaksanakan program-program kerja sama internasional di bidang pencegahan. Pada pertemuan tersebut, pihak CADCA diwakili oleh Eric Siervo, Vice President, International Programs dan Valentino Murphy, Chief of Staff. Dalam pertemuan ini, BNN RI membahas berbagai isu seperti rehabilitasi dan kerja sama dalam upaya desa bersinar. Terkait dengan program desa bersinar, CADCA memberikan apresiasi karena sejalan dengan program komunitas antinarkoba yang selama ini telah dijalankan oleh CADCA.

Baca juga:  LANTIK 57 PEGAWAI BNN RI, KEPALA BNN RI DORONG KESADARAN DAN KUALITAS PNS ANTI NARKOBA

Pertemuan BNN RI dengan INL dan CADCA Perkuat Kerja Sama Cegah NarkobaBIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN RI

Instagram: @infobnn_ri
Twitter. : @infobnn
Facebook Fan page : @humas.bnn
YouTube: Humasnewsbnn

#WarOnDrugs
#IndonesiaBersinar

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel