Skip to main content
UnggulanBerita UtamaBerita Satker

PERKUAT KEAMANAN NEGARA, BNN RI KUNJUNGI MINISTRY OF HOME AFFAIRS SINGAPORE

Oleh 23 Feb 2024Februari 25th, 2024Tidak ada komentar
PERKUAT KEAMANAN NEGARA, BNN RI KUNJUNGI MINISTRY OF HOME AFFAIRS SINGAPORE
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI), mengunjungi Kementerian Dalam Negeri Singapura (MHA – Ministry Of Home Affairs) guna membahas kerja sama dalam penanggulangan peredaran narkotika di kawasan Asia Tenggara dan Asia. Dipimpin oleh Kepala BNN RI, Marthinus Hukom, S.I.K., M.Si., delegasi Indonesia disambut oleh Associate Professor Muhammad Faishal Ibrahim, Minister of State, Ministry of Home Affairs and Ministry of National Development.

Dalam pertemuan singkat tersebut, kedua negara sahabat membahas tentang perkembangan global peredaran gelap narkotika di kawasan Asia Tenggara dan Asia. Marthinus Hukom menyatakan pentingnya kerjasama lintas negara dalam penanganan peredaran narkotika, mengingat kedua negara seringkali menjadi jalur transit bagi sindikat narkotika internasional.

Pemetaan jaringan peredaran narkotika juga menjadi fokus dalam pertemuan tersebut, dengan penekanan pada identifikasi elemen terkait baik di Singapura maupun Indonesia. Kepala BNN RI juga menyoroti interkoneksi keuangan dan transmisi peredaran narkotika antarnegara, yang dapat merugikan situasi di sekitarnya.

Dalam upaya menanggulangi peredaran narkotika, Kepala BNN RI mengusulkan keterlibatan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) untuk berkomunikasi langsung dengan pejabat Singapura. Meskipun jumlah pengguna narkotika di Singapura terbilang sedikit dan mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir, kerjasama tetap dianggap penting.

Baca juga:  Gelar Pemusnahan Kesebelas BNN Musnahkan 82 Kg Sabu dan 107.837 Butir Ekstasi

Selain itu, Kepala BNN RI juga membuka peluang bagi kedua negara untuk melakukan kerjasama di berbagai bidang. Salah satunya adalah pelatihan bersama dan operasi bersama baik di laut, darat maupun udara dalam upaya pemberantasan peredaran gelap narkotika. Kepala BNN RI juga mengapresiasi metode pengujian narkotika dengan menggunakan air liur yang dianggap efektif dalam memblokir kelompok pengedar dalam waktu 24 jam.

Pertemuan ini diakhiri dengan kesepakatan untuk meningkatkan kerjasama antara Indonesia dan Singapura dalam upaya bersama melawan peredaran narkotika. Dengan harapan dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan bersih dari narkotika di kedua negara.

#indonesiabersinar

BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN RI

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel