UnggulanBerita UtamaBidang Pemberdayaan Masyarakat

BNN RI Kenalkan “Adiksi, Rehabilitasi Dan Program IBM” Pada Penggiat P4GN Di Provinsi Riau

Dibaca: 79 Oleh 19 Sep 2020Tidak ada komentar
BNN RI Kenalkan “Adiksi, Rehabilitasi Dan Program IBM” Pada Penggiat P4GN Di Provinsi Riau
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

BNN.GO.ID, Riau – Dalam rangkaian kegiatan Bimbingan teknis P4GN di kalangan lingkungan pendidikan dan instansi pemerintahan di Provinsi Riau, para peserta dibekali dengan pemahaman tentang adiksi dan rehabilitasi.

Poin ini penting untuk diketahui oleh para penggiat P4GN agar memiliki wawasan yang lebih luas tentang hal tersebut sehingga bisa mengambil tindakan tepat ketika mendapati rekan atau kerabatnya terpapar narkoba.

Plt Kepala Bidang Rehabilitasi BNNP Riau, Betty Oktaviani, S,Farm, Apt menjelaskan tentang adiksi kepada para penggiat P4GN. Dalam pemaparannya, adiksi merupakan kondisi di mana seseorang mengalami ketergantungan secara fisik dan psikologis terhadap suatu zat adiktif. Secara lebih rinci ia juga menjelaskan bahwa Adiksi narkoba adalah suatu masalah yang sangat kompleks.

Dalam adiksi, terdapat tuntutan dalam diri penyalahguna narkoba untuk menggunakan secara terus menerus dengan disertai peningkatan dosis dan ketidakmampuan untuk mengurangi atau menghentikan konsumsi narkoba meskipun sudah berusaha keras.

Betty mengungkapkan bahwa adiksi merupakan penyakit kronis dan berulang kali kambuh pada penyalahguna narkoba seumur hidupnya.

“Oleh karena itulah diperlukan dukungan dari lingkungannya terutama keluarga sebagai kelompok sosial inti,” kata Plt Kabid Rehabilitasi BNNP Riau saat memaparkan tentang adiksi kepada para penggiat P4GN di Hotel Novotel, Pekanbaru, Rabu (16/9).

Penyalahguna narkoba yang mengalami adiksi membutuhkan intervensi atau bantuan dari orang lain agar dilakukan rehabilitasi. Pada prinsipnya, rehabilitasi merupakan serangkaian upaya pemulihan ketergantungan bagi pecandu dan korban penyalahgunaan narkoba, yang diawali dengan asesmen dan dilanjutkan dengan layanan rehabilitasi medis dan/atau sosial serta diakhiri dengan layanan pascarehabilitasi, yang dilakukan dalam suatu kesatuan layanan yang berkelanjutan.

Dalam upaya rehabilitasi, para penggiat P4GN bisa memberikan kontribusinya. Saat ini BNN RI sudah meluncurkan program Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM). Salah satu bagian dari program ini adalah Pemulihan Berbasis Masyarakat (PBM).

Program ini pada dasarnya bertujuan untuk menjangkau masyarakat dengan masalah kecanduan ringan. Dalam pelaksanaannya, program ini memanfaatkan kearifan lokal sebagai bentuk intervensinya.

Betty selanjutnya menyebutkan, ada sejumlah elemen yang bisa berkontribusi dalam program ini antara lain, kader PKK, Karang Taruna, tokoh masyarakat, dan para penggiat P4GN. Tentunya, para pelaksana tugas dalam program ini akan dilatih terlebih dahulu. (HNY/BK)

Biro Humas dan Protokol BNN RI
#hidup100persen

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel