Berita SatkerBidang Pemberdayaan Masyarakat

Rangkaian Kegiatan Supervisi Program Pemberdayaan Alternatif di Nusa Tenggara Barat

Oleh 19 Nov 2020November 20th, 2020Tidak ada komentar
Rangkaian Kegiatan Supervisi Program Pemberdayaan Alternatif di Nusa Tenggara Barat
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

Rangkaian Kegiatan Supervisi Program Pemberdayaan Alternatif di Nusa Tenggara BaratRangkaian Kegiatan Supervisi Program Pemberdayaan Alternatif di Nusa Tenggara BaratBNN#StopNarkoba#CegajNarkoba BNN.GO.ID . Pelaksanaan Rangkaian kegiatan Supervisi Program Pemberdayaan Alternatif di Prov. NTB :

hari kedua, Kamis, 19/ 11/2020
BNNP NTB :
ketua tim V (Kompol. Titik Tri Mulyani) memberikan paparan di Kantor BNNP NTB. rapat tersebut dihadiri oleh Kabid P2M, Kasi Dayamas, Penyuluh BNNK Mataram dan Staf P2M BNNP NTB. materi yang disampaikan oleh lasi monev masy.perkotaan tentang kawasan rawan yang ada di NTB,pembinaan yang sudah dilaksanakan,sinergi BNN dengan BUMN,K/L,Pemda ataupun CSR swasta,Perkembangan Toko Stop Narkoba dan cara pengisian dan penilaian IKKR.setelah dilaksanakannya pelatihan life skill di desa senggigi.saat ini masyarakat sudah mulai banyak pesanan snack box dari swasta,perkantoran dan kantor desa.untuk kuliner yang sudah banyak pesanan ini,BNN akan berupaya untuk terus berkoordinasi dengan instansi terkait dlm hal ini dinas UMKM dan dinas pariwisata agar dapat membantu pemasaran produk hasil karya wrga binaan BNN. BNNP juga selalu memantau petkembangan produk tersebut agar tidak putus ditengah jalan. Dalam waktu dekat juga produk warga binaan akan diberikan label sticker agar masyarakat luas lebih mengenal produk tersebut. BNN pusat akan membantu pemasaran dan packaging dengan koordinasi dengan CSR swasta yang sudah ada MOU ataupun dengan BUMN yang nantinya akan dilanjutkan BNNP.

Dinas Koperasi dan UMKM
Kasi Monev Masy.perkotaan menyampaikan agar dinas UMKM dapat membantu pamasaran produk hasil warga binaan sehingga produk warga binaan dapat terus berkembang dan sinergi BNN dengan instansi terkait terus terjalin.agar dpt juga dibantu untuk pelatihan packaging untuk produk yang sudah dihasilkan oleh warga binaan agar lebih menunjang tampilan kemasan produk karena masyarakat terkendala dengan biaya.

Sekretaris dinas UMKM menyampaikan bahwa UMKM memiliki bantuan berupa peralatan untuk masyarakat seperti untuk kuliner ada oven kompor,mesin jahit dan bantuan lainnya.untuk perwakilan kelompok masyarakat senggigi sudah datang ke kantor dinas UMKM dan sudah diarahkan untuk membuat proposal agar dapat diberikan bantuan itu.dalam pembentukan koperasi,perwakilan masyarakat desa senggigi akan diundang ke dinas UMKM untuk dijelaskan persyaratan untuk pembentukan koperasi.untuk packaging juga ada pelatihannya.nanti akan di koordinasikan dengan provinsi.Dinas UMKM jg memiliki kegoatan pembuatan aneka sambal untuk masyarakat. Kalau ada pameran dinas UMKM akan beritahu BNNP danUntuk produk warga binaan kami bisa bantu untuk spanduk dan tempat pameran. Dinas UMKM juga dapat memberikan pelatihan 3hr bagi warga binaan senggigi.dapat nantinya dri BNNP memberikan data warga yang mau mengikuti.agar segera didaftarkan ke dinas UMKM sehingga warga binaan senggigi dapat masuk datanya di Dinas UMKM sekaligus nantinya warga binaan juga mendapatkan dana pendorong dri pemerintah program presiden bagi UMKM seluruh Indonesia.

Dinas Pariwisata

Kasi monev masy.perkotaan menyampaikan bahwa BNN sudah melaksanakan kegiatan pembinaan kawsan rawan narkoba dengan memberikan pelatihan life skill bagi warga binaan di desa senggigi.diharapkan kepada dinas pariwisata dapat membantu pemasaran produk warga binan untuk dihotel ataupun cara lainnya yg dimiliki oleh dinas pariwisata . Kadis pariwisata menyampaikan saat antusias dengan program yg dilaksanakan oleh BNN.untuk pemasaran akan dibantu baik offline dan online.dapat juga dibantu nanti dengan pengemasan sehat untuk makanan.nanti akan dibantu masuk program Down to zero dri NGO. Saat ini mreka memberikan kampanye ttg kekerasan terhadap anak melalui menu makanan di warung2/tempat makan.nantinya bisa juga dibuat kampanye anti narkoba di menu makanannya. Tahun depan kami akan coba untuk programkan pelatihan fotografi untuk produk sekaligus pelatihan pengemasan dan pmasaran bagi warga binaan BNN yang ada di desa Senggigi karena kemenakerekraf juga sedang mengembangkan aplikasi pemasaran produk ecraft baik hasil kerajinan maupun kuliner sehingga warga binaan mengerti cara membuat produk lebih menarik dengan pemasaran yang tepat dengan tetap ada kampanye anti narkoba di dalamnya.

Dinas Ketahananan Pangan

Kadis ketahanan pangan menyampaikan bahwa dinas ketahananan pangan memiliki kegiatan2 bagi kelompok2 masyarakat contohnya kelompok tani yg sudah rutin dilaksanakan.kegiatan yang diberikan berupa pemberian bibit tanaman beserta rumah bibit dan hewan ternak dengan berkoordinasi dengan desa untuk membangun kelompok2 masyarakat di kawasannya..karena desa senggigi mnj binaan dri BNN untuk itu tahun depan dapat dibantu untuk desa senggigi ataupun kawasan yang menjadi binaan di tahun 2021 seperti desa sekotong yang masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan.dinas ketahanan pangan akan berkoordinasi dengan BNNP dan kantor desa. Kalau mau pengembangan budi daya jahe merah juga bisa dibantu kalau butuh lahan luas bisa dibantu juga karena di sini banyak lahan tidur yang tanahnya subur.

Rangkaian Kegiatan Supervisi Program Pemberdayaan Alternatif di Nusa Tenggara Barat

Rangkaian Kegiatan Supervisi Program Pemberdayaan Alternatif di Nusa Tenggara Barat

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel