Berita UtamaBidang Rehabilitasi

Workshop Peranan Masyarakat Di Bidang Rehabilitasi Sebagai Upaya Mewujudkan Indonesia Bersinar

151676ae d189 4fda a582 9f9af612612a
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

BNN.GO.ID – Jakarta, Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) mengadakan Workshop Peranan Masyarakat di Bidang Rehabilitasi Sebagai Upaya Mewujudkan Indonesia Bersinar dalam rangka sosialisasi Pedoman Intervensi Berbasis Masyarakat kepada Pembina Teknis di BNNP/ K/ Kota yang berjumlah 207 satuan kerja, perwakilan K/L dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, penyelenggara layanan rehabilitasi baik instansi pemerintah maupun masyarakat seperti UPT Rehabilitasi milik BNN dan lembaga rehabilitasi komponen masyarakat (Karisma, Lingkaran Indonesia Peduli, Kambal Care) serta perwakilan akademisi dari Universitas Indonesia.

Workshop yang diadakan dalam rangkaian kegiatan HANI tahun 2021 juga mengikutsertakan perwakilan dari kedeputian Pencegahan dan Pemberdayaaan Masyarakat, dengan harapan terjadi sinergitas pelaksanaan P4GN. Pelaksanaan Workshop ini dilakukan 2 tahap secara hybrid, dimana Pembina Teknis BNNP/ K/ Kota mengikuti workshop secara virtual, sedangkan perwakilan lainnya hadir di lokasi kegiatan. Masing-masing tahap dilakukan selama 2 hari. Dengan demikian Workshop Peranan Masyarakat di Bidang Rehabilitasi Sebagai Upaya Mewujudkan Indonesia Bersinar dilaksanakan tanggal 29 dan 30 Maret 2021 untuk tahap pertama, tanggal 31 Maret dan 1 April 2021 untuk tahap kedua.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika mewajibkan masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya pencegahan bahaya Narkotika dan prekursor Narkotika. Masyarakat memiliki peran sangat penting untuk menyelamatkan Bangsa Indonesia dari kehancuran. Pasal 104 menyebutkan: Masyarakat mempunyai kesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan serta membantu pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika. “Masyarakat dalam layanan IBM menjadi subyek penting dalam upaya P4GN khususnya Bidang Rehabilitasi” demikian disampaikan oleh dr. Amrita Devi, Sp.KJ, M.Si sebagai Plt. Deputi Rehabilitasi.

Program Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) merupakan intervensi di bidang rehabilitasi terhadap penyalahguna narkoba yang dirancang dari masyarakat, untuk masyarakat, dan oleh masyarakat melalui Agen Pemulihan dengan memanfaatkan fasilitas dan potensi masyarakat sesuai dengan kearifan lokal.

Pembina Teknis BNNP/ K/ Kota dalam mengerjakan tugas dan fungsinya terkait dengan Program IBM perlu memahami Pedoman Pelaksanaan Intervensi Berbasis Masyarakat. Workshop ini dilakukan dalam rangka mensosialisasikan  Pedoman Pelaksanaan Intervensi Berbasis Masyarakat tersebut.

BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN RI

Instagram: @infobnn_ri
Twitter. : @infobnn
Facebook Fan page : @humas.bnn
YouTube: Humasnewsbnn

#WarOnDrugs
#IndonesiaBersinar

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel