Skip to main content
Berita Utama

UNODC Country Manager Kunjungi BNN, Berharap Memiliki Hubungan Yang Lebih Kuat

UNODC Country Manager Kunjungi BNN, Berharap Memiliki Hubungan Yang Lebih Kuat
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI), Komjen. Pol. Prof. Dr. Petrus Reinhard Golose, menerima kunjungan United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) di ruang kerjanya, Selasa (10/10). Dalam pertemuan tersebut, Kepala BNN RI menyampaikan rencana pelaksanaan The 45th HONLAP (The Head of National Law Enforcement Agency Asia and Pacific) yang akan berlangsung 24 hingga 28 Oktober mendatang di Indonesia.

Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan The 45th HONLAP 2023, menjadi tolak ukur bahwa BNN RI terus berupaya mengembangkan kerjasama Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) secara multinasional.

Country Manager UNODC Indonesia menyambut baik rencana tersebut dan menyampaikan kesediaannya untuk memberikan sambutan pada upacara pembukaan The 45th HONLAP 2023. Didampingi oleh Deputi Hukum dan Kerjasama BNN RI, Irjen. Pol. Drs. Agus Irianto, S.H., M.Si., M.H., Ph.D., Kepala BNN RI menyampaikan terimakasih atas berbagai kerjasama BNN-UNODC selama ini.

Kepala BNN RI juga menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Mr. Erik Van Der Veen, sebagai UNODC Country Manager yang baru, menggantikan Mr. Collie Brown sebelumnya. Turut hadir dalam pertemuan tersebut Mrs. Zoelda Handerton, Programme Coordinator-Money Laundering, Mr. Nabiel A. Karim Hazaye, Programme Coordinator-Border Management Programme, dan Mr. Ade Aulia, Programme Coordinator-Drug Demand Reduction and HIV UNODC Programme.

Baca juga:  BNN RI Gelar Rapat Monev Pemberdayaan Masyarakat Tahun 2022

Pertemuan singkat dengan Kepala BNN RI dilanjutkan dengan pembahasan beberapa materi kerjasama antara BNN RI dengan UNODC pada era kepemimpinan Country Manager sebelumnya. Salah satunya Implementasi Evidence Based Prevention / Pencegahan Berbasis Bukti yang dilakukan Indonesia dengan mengadaptasi International Prevention Standard UNODC yang disupport pembiayaannya oleh UNODC Head Quarter, Vienna – Austria.

Hal lain yang juga diulas adalah aktifitas National Border Management Consultation Meeting yang diselenggarakan pada tahun 2023 di PLBN Aruk dan Entikong, Kalimantan Barat, 10 – 14 Juli lalu, PLBN Badau, Kalimantan Barat 21 – 25 Agustus lalu, serta PLBN Motamasin, Motaain dan Wini Nusa Tenggara Timur, 18 – 23 September lalu.

Irjen. Pol. Agus Irianto juga menyampaikan terima kasih atas dukungan terhadap Implementasi Program Family United yang sesuai dengan evidence based prevention. Indonesia berharap kedepannya akan ada banyak kerjasama pencegahan berbasis bukti dibawah kepemimpinan Mr. Erik Van Der Veen. Hal serupa diutarakan oleh Mr. Erik Van Der Veen. Pihaknya berharap kerjasama UNODC dengan BNN RI akan terus berkembang, termasuk pelatihan di bidang pencegahan dan rehabilitasi serta pelatihan bagi para penegak hukum di perbatasan yang akan dimulai tahun 2024 mendatang.

Baca juga:  Tidak Perlu Ratusan Kilogram, Satu Dua Gram Narkoba Sekitar Rumah Bikin Orang Tua Resah

BIRO HUMAS DAN PROTOKOL SETTAMA BNN

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel