Berita Utama

Pentingnya Sinergitas Kelembagaan Dalam Upaya Penyelamatan Penyalahguna Narkoba

Dibaca: 42 Oleh 15 Mei 2015Agustus 2nd, 2019Tidak ada komentar
Badan Narkotika Nasional
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba menjadi permasalahan serius hampir di setiap negara, tidak terkecuali di Indonesia. Karena kenyataan menunjukkan bahwa jumlah pecandu di Indonesia semakin hari semakin meningkat. Hal ini tentunya harus mendapatkan penanganan yang lebih serius dari semua komponen, baik pemerintah, swasta serta komponen masyarakat lainnya.Kondisi bangsa Indonesia memasuki Darurat Narkoba, hal ini dikarenakan Indonesia merupakan negara yang selalu dibanjiri narkoba baik dari dalam maupun luar negeri, ditambah kondisi Indonesia memiliki pasar yang besar (great market) dengan harga yang tinggi (great prices) ditambah bisnis narkoba sangat menjanjikan, namun dibalik itu banyak generasi bangsa yang kehilangan masa kini dan masa depannya karena narkoba.

Hal ini disampaikan dalam acara Focus Group Discussion (FGD) yang digelar Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Ciamis melalui Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M), bertempat di Rumah Makan Bu Mamah 4 Kertasari Ciamis, pada Rabu (13/05/2015).

Adapun peserta yang diundang merupakan instansi terkait di wilayah hukum Ciamis seperti Polres, Lapas, Kodim 0613, Bapeda, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinsosnakertrans, Satpol PP, RSUD, dan Kesbangpolinmas, dengan tema Pentingnya Sinergitas Kelembagaan dalam upaya Penyalahguna Narkoba.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala BNNK Ciamis, Drs. Dedy Mudyana, M.Si, yang didampingi Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) Deny Setiawan, S.Sos., MM. yang dalam kesempatan tersebut menghasilkan beberapa rekomendasi dari pembahasan FGD tentang pelaksanaan kebijakan P4GN di lingkungan pemerintah daerah, sebagai berikut :

1. Rehabilitasi bagi pecandu narkotika sangat penting dan semua instansi siap mendukung.

2. Tim Asesmen Terpadu (TAT) harus segera dibentuk.

3. Program rehabilitasi bagi pecandu narkotika yang komprehensif agar segera dilaksanakan.

4. Perlu adanya kejelasan mengenai pembiayaan rehabilitasi.

5. Peningkatan pembinaan P4GN dibawah koordinasi BNN danKepolisian dalam penanganan pecandu yang tertangkap.

6. Rehabilitasi medis dan sosial bisa dilaksanakan di tempat-tempat yang sudah di tetapkan.

Melalui rekomendasi tersebut berharap dapat terealisasi guna menekan angka penyalahguna narkoba di wilayah kerja BNNK Ciamis, serta peranserta semua pihak dalam upaya P4GN dapat terwujud.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel