UnggulanBerita UtamaSekretariat Utama

Kepala BNN Apresiasi Cianjur Sebagai Pilot Project Desa Bersinar

Kepala BNN Apresiasi Cianjur Sebagai Pilot Project Desa Bersinar
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

BNN.GO.ID – Cianjur, Kabupaten Cianjur menjadi salah satu Pilot Project Desa bersih narkoba, oleh karena itu Sebagai salah satu upaya untuk Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di wilayah Cianjur, Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia berinisiatif merancang Desa/Kelurahan bersih narkoba (Bersinar).

Kegiatan pencanangan Desa/Kelurahan bersinar yang selama ini telah berjalan, tentunya perlu mendapatkan apresiasi dan evaluasi yang tepat dari berbagai pihak yang terkait.

Dalam rangka menilai sejauh apa keberhasilan pelaksanaan kegiatan Desa/Kelurahan bersinar ini, kepala BNN RI, Dr. Petrus R. Golose bersama Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi melakukan peninjauan ke Kabupaten Cianjur, Selasa (23/03).

Acara yang dilaksanakan di Pendopo Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur ini dihadiri oleh Kepala BNN RI Dr. Petrus R. Golose, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Drs. A. Halim Iskandar, Perwakilan dari Menteri Dalam Negeri Dirjen Bina Pemdes Dr. Yusharto Huntoyungo, Pejabat BNN RI, Wakil Gubernur Jawa Barat H. Uu Ruzhanul Ulum, Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Barat Drs. Sufyan Syarif dan Wakapolda Jawa Barat Drs. Eddy Sumitro Tambunan.

Rombongan kepala BNN dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi disambut oleh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur dengan pengalungan bunga dan iringan musik sunda.

Dalam acara tersebut, Bupati Cianjur H. Herman Suherman mengucapkan terima kasih kepada Kepala BNN, Menteri dan Tamu undangan Karena telah menyempatkan waktunya untuk hadir ke Cianjur.

“Kami berharap program Pilot Project Desa Bersinar yang berada di Cipendawa akan terus bermanfaat bagi warganya dan dapat dijadikan contoh bagi desa lainya untuk menjadi desa bersinar” Ujar Bupati Gianjur.

Masih dalam acara yang sama, Menteri Desa, PDTT dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada desa cipendawa atas konsistensinya dalam pelaksanaan program Desa Bersinar. Halim juga turut menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Bupati Cianjur karena telah memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan P4GN melalui program Desa Bersinar.

Drs. A. Halim Iskandar menjelaskan bahwa narkoba itu urusan bersama bukan hanya tanggung jawab Pemerintah. Perlu dukungan berbagai macam pihak untuk memberantasnya. Permasalahan narkoba itu merupakan permasalahan yang berkesinambungan, tiap hari semakin besar tantangannya.

”Dalam kesempatan ini, saya juga mengucapkan terima kasih kepada BNN, Dirjen Bina Pemdes Kemendagri dan kepada seluruh pihak terutama kepada Pemerintah Kabupaten Cianjur yang telah menjadi Pilot Project Desa Bersinar yang nantinya akan kita kembangkan lagi dalam skala nasional dan dijadikan contoh ke daerah lainnya.” Ujar Halim.

Selain Menteri Desa PDTT, Kepala BNN juga turut memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Kepala BNN mengucapkan terima kasih kepada Menteri Desa PDTT yang amat sangat luar biasa dukungannya sehingga bisa terwujud desa bersinar, kepada Bupati Cianjur yang telah benar-benar serius melaksanakan program Pilot Project Desa Bersinar dan juga kepada seluruh stake holder yang terkait sehingga program ini mampu berjalan dengan lancar. Kepala BNN juga menjelaskan bahwa program desa bersinar ini merupakan salah satu program dari War On Drugs, yaitu perang terhadap narkoba menuju Indonesia bersinar bersih narkoba. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka sebaiknya di mulai dari desa. Desa bergerak Indonesia bersinar.

“Saya dan Pak Menteri Desa PDTT telah mendiskusikan bahwa program ini akan berjalan sekitar 3 – 4 tahun. Dan nantinya akan mencari daerah lain juga yang bisa diintervensi lebih cepat, mungkin sekitar 1 tahun. Akan tetapi, jangan setelah di deklarasikan sebagai desa bersinar nantinya tetap terjadi banyak permasalahan narkoba. “ tutur Petrus.

Acara ini diakhiri dengan penyerahan modul/bahan desa bersinar dari bupati cianjur kepada kepala BNN, menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dan Dirjen Bina Pemdes Kemendagri.(HRS)

BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN RI

Instagram: @infobnn_ri
Twitter. : @infobnn
Facebook Fan page : @humas.bnn
YouTube: Humasnewsbnn

#WarOnDrugs
#IndonesiaBersinar

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel