Berita UtamaUnggulanBidang Pencegahan

Kembangkan REAN.ID: Deputi Bidang Pencegahan dan SCI Tandatangani Perjanjian Kerjasa Sama

Dibaca: 56 Oleh 25 Agu 2020Tidak ada komentar
Auto Draft
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

cegahnarkoba.bnn.go.id – Senin, 24/8 Deputi Bidang Pencegahan Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama Sobat Cyber Indonesia (SCI) menandatangi Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang berisikan tentang Pengelolaan Rumah Edukasi Anti Narkoba (REAN). Penandatanganan Kerjasama ini disaksikan langsung Oleh Kepala BNN Drs. Heru Winarkoa. SH, dan Pejabat Utama dilingkungan BNN diruang Patimura, Lantai 1 Gedung BNN Cawang, Jakarta Timur.

Auto Draft

Maksud penandatanganan Perjanjian Kerja Sama ini adalah sebagai landasan kerja sama dalam melaksanakan upaya Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) secara terpadu dan saling menguntungkan guna mewujudkan masyarakat Indonesia bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika.

Kepala BNN Drs. Heru Winarko. SH memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurutnya Rumah Edukasi Anti Narkoba atau disingkat REAN.ID merupakan media edukasi untuk remaja Indonesia yang mampu mengekspresikan karya, menggali potensi, membangun kepercayaan diri guna memperkuat citra remaja dan untuk sumber informasi dan edukasi difokuskan untuk remaja yang membuat konten-konten positif untuk mengembangkan kreatifitas untuk hidup 100% produktif.

Kembangkan REAN.ID: Deputi Bidang Pencegahan dan SCI Tandatangani Perjanjian Kerjasa Sama

Sejak awal membangun Rumah Edukasi Anti Narkoba (REAN.ID) konsentrasinya adalah melindungi Generasi Muda atau Generasi Millenial dari bahaya penyalahgunaan narkoba. Oleh karena itu Generasi Muda harus sehat dan bebas dari penyalahgunaan narkoba ujar Heru. “Awal masuk ke BNN saya berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan dimana anak muda harus kita doktrin bahwa memakai narkoba itu tidak keren” ujarnya menjelaskan.

Heru berharap kerjasama dengan SCI dapat lebih maksimal dalam menyebarkan konten-konten hidup 100 persen  kepada generasi muda. Hidup 100% merupakan transisi citra BNN sebagai garda utama pencegahan dan pemberantasan narkoba yaitu dengan mengubah pola pikir otoritatif menjadi aspiratif, beku menjadi hangat,dan kaku menjadi flexibel.

Kembangkan REAN.ID: Deputi Bidang Pencegahan dan SCI Tandatangani Perjanjian Kerjasa Sama

Sementara itu Deputi Pencegahan BNN, Drs. Anjan Pramuka Putra. SH.M.Hum dalam laporannya  mengatakan REAN.ID merupakan flatform digital yang khusus dibuat untuk muda denga slogan “dari anak muda untuk anak muda”. Menurut Anjan REAN.ID saat ini terdapat 1.765 orang kontributor sejak tahun lalu hingga agustus 2020 dengan kisaran usia antara 15-30 tahun.

Untuk meningkatan kapasitas REAN.ID lanjut Anjan maka Deputi Bidang Pencegahan menggandeng Sobat Cyber Indonesia dengan maksud mengajak generasi muda yang aktif bersama Sobat Cyber Indonesia untuk membuat dan menyebarkan konten positif tentang hidup 100 persen serta pencegahan penyalahgunaan narkoba. Sehingga dengan demikian masyarakat khususnya generasi muda semakin banyak yang mendapatkan informasi dan edukasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba ujar Anjan.

Auto Draft

Ketua Umum SCI Firna Lim mengatakan pihaknya sangat termotivasi dengan adanya penandatangan perjanjian kerjasama ini.

Menurutnya konsep yang akan diberikan dalam kegiatan Rean.id ada Offline Activity dan Online Activity. kegiatan ini melibatkan kaum muda yang memiliki integritas, komunitas millenial, influencer lokal, pelajar dan mahasiswa. Target dari peserta dari mengikuti kegiatan Rean.id sebanyak 200 peserta dari berbagai komunitas, kaum millenial dan masyarakat sekitar ujar Virna.

Diakhir tahun lajut Virna ada REAN Festival yang nantinya Rean Community se-Indonesia akan berkumpul dan juga ada Rean Award dengan kategori  The Best Rean Community Of The Years, Content Rean Of The Years, Pentas Seni dari Rean Community, dan Rean Exhibition. Rean Festival ini menargetkan 10.000 peserta dari berbagai kalangan.

Kembangkan REAN.ID: Deputi Bidang Pencegahan dan SCI Tandatangani Perjanjian Kerjasa Sama

Turut hadir Prof. Yudho Giri Sucahyo, Ketua Umum Pengelola Domain Internet Indonesia (Pandi). Dalam kapasitasnya sebagai pakar, Yudho memberikan masukan terkait dengan pengelolaan REAN.ID. Menurutnya REAN.ID dalam bentuk rumah edukasi anti narkoba virtual dapat menjangkau sasaran (anak muda) mulai dari Sabang sampai merauke-dari miangas sampe pulau Rote. Konten yang ada harus menarik dan tidak terlalu formal ujar Yudho. Dalam mengelola REAN.ID, aura pemerintah harus dihilangkan, karena kalau ada aura pemerintah makan generasi Z langsung berpikir yang mudah menjadi ribet ujar Yudho menambahkan. Itulah sebabnya mengapa tidak menampilkan logo BNN di REAN. ID tutup Yudho.

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel