Berita Utama

ESQ; Misi Mulia Penggiat Anti Narkoba

Dibaca: 93 Oleh 21 Feb 2019Agustus 2nd, 2019Tidak ada komentar
Badan Narkotika Nasional
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

Menjadi penggiat anti narkoba adalah langkah mulia, karena merupakan satu bentuk upaya memproteksi anak bangsa dari ancaman kehancuran di masa depan. Karena itulah, diperlukan niatan yang tulus, dan alasan yang kuat untuk menjalani misi mulia tersebut. Seorang motivator dari ESQ, Andri Fallash berpesan agar para penggiat anti narkoba untuk tetap semangat, dan konsisten untuk melakukan aksi nyata menangkal ancaman narkoba terhadap anak didiknya, usai mendapatkan bimbingan teknis dari BNN, melalui Direktorat Peran Serta Masyarakat.

“Apa yang Anda bayangkan, jika ada konsisten, terus memberikan nasihat tentang bahaya narkoba, lalu anak didik anda di suatu hari mengatakan terima kasih yang setinggi-tingginya karena telah membuat mereka sukses dan jauh dari narkoba,” ungkap Andri saat memberikan motivasi kepada para guru BK yang mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Penggiat Anti Narkoba di Lingkungan Pendidikan, di Sumatera Selatan, tepatnya di Kabupaten OKI, Kamis (21/2).

Untuk menjadi penggiat anti narkoba yang baik diperlukan sejumlah hal agar bisa menjadi handal. Andri Fallash mengungkapkan, ada tiga hal penting yang menjadi pembeda mana orang yang sukses atau tidak yaitu dalam hal gerak, kata dan fokus. Penggiat anti narkoba yang sukses akan tampak dari bagaimana dia bertindak, berkomunikasi dan fokus pada cita-cita atau targetnya.

Para penggiat anti narkoba yang baik, akan senantiasa berindak dengan penuh keramahan sehingga bisa diterima semua kalangan, lalu senantiasa menyampaikan hal positif, dan teguh pada fokus targetnya.

“Diharapkan, para penggiat anti narkoba memiliki target paling tidak agar anak didik di sekolahnya tidak mencoba narkoba,” ungkap Andri

Kesemua hal positif itu merupakan karakter yang harus dimiliki oleh semua penggiat anti narkoba. Menurutnya, pembangunan karakter yang benar akan sejalan dengan prestasi atau pencapaian seseorang. Karakter yang kuat akan tampak pada bagaimana dia menunjukkan attitude. Hal ini terbukti dengan banyaknya orang yang sukses bukan karena seberapa tinggi IQ-nya, akan tetapi dengan attitude atau sikap seseorang dalam menjalankan tugas dan fungsi dalam hidupnya.

Kepada para penggiat anti narkoba, Andri juga menitipkan pesan agar para penggiat anti narkoba di kalangan tenaga pendidik menggarisbawahi pentingnya value atau nilai-nilai yang harus diinternalisasi, kemudian dilatih agar menjadi kebiasaan atau karakter. Kemudian hal ini dikuatkan dengan adanya regulasi yang jelas atau di lingkungan yang ditegakkan dengan didukung oleh sebuah leadership yang bisa memberikan role model yang kuat.

Selain pembekalan motivasi, para penggiat anti narkoba juga mendapatkan berbagai tips dalam hal public speaking. Andriko Okta Pratama, seorang pakar public speaking mengatakan agar para penggiat anti narkoba tidak lelah untuk terus belajar dan belajar dalam konteks bicara di depan audiensnya.

Salah satu tips yang ia bagikan adalah pentingnya melakukan visualisasi setiap akan melakukan presentasi atau penyuluhan bahaya narkoba. Para penggiat narkoba yang akan menyuluh, diajak dalam sebuah simulasi, untuk membayangkan dalam alam pikirannya, dari mulai masuk ke dalam gedung atau tempat kegiatan, lalu menyampaikan materi hingga pada akhirnya mendapatkan apreasiasi dari orang-orang yang melihatnya.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel