UnggulanBerita UtamaSekretariat Utama

Bumikan Pancasila Dalam Bermasyarakat, Berbangsa, Dan Bernegara

Bumikan Pancasila Dalam Bermasyarakat, Berbangsa, Dan Bernegara
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

BNN.GO.ID – Jakarta, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Komjen Pol Dr. Petrus Reinhard Golose, bersama para pejabat utama BNN RI mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual di Ruang Sutomo-Gedung BNN, Jakarta, pada Selasa (1/6).

Upacara yang diperingati oleh bangsa Indonesia pada 1 Juni setiap tahunnya ini dipimpin langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo, di Gedung Pancasila, Jakarta Pusat, dan diikuti secara virtual oleh seluruh komponen bangsa Indonesia.

Peringatan hari lahir dasar negara Indonesia ini merupakan momentum untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dalam pidatonya, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa, walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan Kita sepanjang Republik Indonesia ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan.

Globalisasi dan interaksi antarbelahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan.

“Yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antarpandangan, rivalitas antarnilai-nilai, dan rivalitas antarideologi”, ujar Presiden Joko Widodo.

Lebih lanjut Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa kini Ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mempengaruhi lanskap kontestasi ideologi. Revolusi Industri 4.0 telah menyediakan berbagai kemudahan dalam berdialog, dalam berinteraksi dan berorganisasi dalam skala besar lintas negara.

Kemudahan ini bisa digunakan oleh ideolog-ideolog transnasional radikal untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia, ke seluruh kalangan, dan ke seluruh usia, tidak mengenal lokasi dan waktu.

Kecepatan ekspansi ideologi transnasional radikal bisa melampaui standar normal ketika memanfaatkan disrupsi teknologi ini.

Menghadapi hal ini, diperlukan cara-cara baru yang luar biasa dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama Revolusi Industri 4.0. dan menjadikan Pancasila sebagai fondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berke-Indonesia-an.

Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo mengajak seluruh elemen bangsa untuk membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara guna memperkokoh nilai-nilai pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju yang dicita-citakan. (DND)

BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN RI

Instagram: @infobnn_ri
Twitter. : @infobnn
Facebook Fan page : @humas.bnn
YouTube: Humasnewsbnn

#WarOnDrugs
#IndonesiaBersinar

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel