Skip to main content
Berita UtamaSekretariat Utama

BNN RI Siapkan SDM Unggul Di Era Vuca

Oleh 01 Des 2021Desember 2nd, 2021Tidak ada komentar
BNN RI Siapkan SDM Unggul Di Era Vuca
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

BNN.GO.ID – Jakarta, Sekretaris Utama Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia, Drs. I Wayan Sukawinaya, M.Si., resmi membuka Rapat Koordinasi Perencanaan Pengembangan Kompetensi Tingkat Nasional, yang diselenggarakan oleh Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia (PPSDM) BNN RI secara virtual, Selasa (30/11).

Sebanyak 250 peserta rapat yang terdiri dari Kabag serta Kasubbag perwkilan BNNP dan BNNK bergabung dalam link virtual meeting guna membahas pengembangan kompetensi SDM milik BNN RI dalam menghadapi era New Normal.

Sestama BNN RI menekankan pengembangan SDM yang baik dan terencana dapat menghasilkan ASN yang berkualitas dan memiliki kompetensi unggul. Menurutnya pemerintah harus bisa menciptakan SDM yang unggul dengan cara yang efektif dan efisien.

“Di era ini, PNS harus memiliki 10 kompetensi soft skill, diantaranya, kemampuan memecahkan masalah kompleks, berfikir kritis, kreatif, manajemen manusia, kemampuan koordinasi, kecerdasan emosional, mampu membuat keputusan, orientasi pelayanan, negosiasi, serta fleksibilitas kognitif”, imbuh Sestama BNN.

Sejalan dengan apa yang disampaikan Sekretaris Utama BNN RI, Widyaiswara Utama BNN RI, Diah Setia Utama, berpendapat BNN RI harus mampu menciptakan SDM unggul yang mampu menghadapi era VUCA. Istilah VUCA belakangan marak diperbincangkan. VUCA sendiri merupakan singkatan dari Volatility, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity

Baca juga:  Pemindahan Faisal Ke Aceh Undang Kontroversi

Secara garis besar Diah menjelaskan VUCA dapat diartikan sebagai era dimana manusia dituntut untuk mampu bereaksi cepat tanggap terhadap situasi yang tidak dapat diprediksi. Di era ini manusia akan dihadapi dengan berbagai dinamika lingkungan yang tidak dikenal karena berada diluar jangkauan pengetahuan masing-masing individu.

“Sebagai contoh adalah situasi pandemi yang kita hadapi saat ini. Pandemi merubah segalanya. Apa yang kita lakukan dulu tak lagi sama. Perubahan ini terjadi tak hanya di Indonesia, tetapi di seluruh dunia dan kita harus mampu menghadapi perubahan ini dengan cepat”, ujar Diah Setia Utami yang pernah menjabat sebagai Deputi Rehabilitasi BNN RI.

Lebih lanjut Diah menjelaskan ditengah ketidak pastian yang melanda seluruh dunia ini, BNN RI harus mulai mempersiapkan instumen perubahan, salah satunya dengan mempersiapkan SDM yang unggul dalam menghadapi era VUCA.

Hal tersebut selaras dengan apa yang disampaikan Presiden Joko Widodo pada 16 Agustus 2021 lalu, bahwa kita harus bisa berani berubah sebagai pondasi membangun Indonesia maju. Joko Widodo juga meminta Lembaga Pendidikan dan Pelatihan harus didukung untuk melakukan perubahan besar besaran dalam menghadapi perubahan dunia. (VDY)

Baca juga:  PRESS RELEASELomba Kampung Kite Bersih NarkobaDKI Jakarta2009

BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN RI

Instagram: @infobnn_ri
Twitter. : @infobnn
Facebook Fan page : @humas.bnn
YouTube: Humasnewsbnn

#WarOnDrugs
#IndonesiaBersinar

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel