Bidang Pemberdayaan Masyarakat

Penggiat Anti Narkoba Wajib Miliki Kemampuan Public Speaking Yang Handal

Dibaca: 66 Oleh 06 Agu 2020Tidak ada komentar
Penggiat Anti Narkoba Wajib Miliki Kemampuan Public Speaking Yang Handal
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia melalui Direktorat Peran Serta Masyarakat mengajak para Penggiat Anti Narkoba di Kota Pontianak untuk memiliki pengetahuan Public Speaking disamping pemahaman atau wawasan yang luas menyangkut upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Untuk menjadi penggiat anti narkoba tidak hanya bisa bermodalkan pengetahuan dan pemahanan saja, namun harus dibekali kemampuan dalam menyampaikan informasi tentang upaya P4GN yang dimiliki kepada masyarakat dan komunitasnya

“Seorang penggiat anti narkoba haruslah memiliki etika dan keterampilan komunikasi yang dapat diandalkan”, ungkap Dr. Netty Herawaty, M.Si., salah seorang pakar komunikasi selaku narasumber pada acara Bimbingan Teknis Penggiat Anti Narkotika di Lingkungan Instansi Pemerintah yang dilaksanakan di Hotel Aston, Pontianak (05/08).

Penggiat Anti Narkoba yang dibentuk BNN RI diharapkan dapat memiliki kemampuan berbicara yang handal, baik secara formal maupun informal.
Diharapkan pula para Penggiat Anti Narkoba ini dapat menyampaikan semua informasi tentang bahaya narkoba kepada masyarakat dan komunitasnya dengan baik dan mudah dipahami.

Selain itu, menurut Netty Herawaty agar Penggiat Anti Narkoba dapat mempunyai kemampuan berbicara yang baik tentu harus mempunyai kepercayaan diri. Kepercayaan diri tersebut bukan timbul karena faktor orang lain, melainkan dari diri kita sendiri.

“Dua hal yang perlu diperhatikan dan diingat dalam public speaking yaitu enak didengar dengan cara memperhatikan suara dan enak dipandang dengan memperhatikan kerapihan pakaian,” ucap Netty.

Menurut Netty, hal lain yang juga harus diperhatikan agar pendengar nyaman yakni dengan menjaga dan merawat badan maupun gigi dengan menggunakan deodoran dan pewangi mulut serta memakai pakaian yang bersih dan rapih.

Dengan memiliki kepercayaan diri dan kemampuan publik speaking yang baik serta penampilan yang rapih dan menarik, maka diharapkan informasi yang disampaikan dan outcome yang diharapkan dalam upaya P4GN yang disampaikan di masyarakat dapat tercapai dengan hasil yang maksimal.

Dalam acara Bimtek tersebut, narasumber juga memberikan kiat dan strategi komunikasi yang handal kepada puluhan Penggiat Anti Narkoba yang hadir sehingga diharapkan mereka nantinya dapat memberdayakan komunitas dan menyampaikan informasi tentang upaya P4GN sehingga daerahnya terbebas dari bahaya narkoba.
(SP/HNY)

Biro Humas dan Protokol BNN RI
#Hidup100%

Instagram: @infobnn_ri
Twitter. : @infobnn
Facebook Fan page : @humas.bnn
YouTube: Humasnewsbnn

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel