Skip to main content
UnggulanBerita Utama

Mahasiswa Awal Pembentukan Satgas Anti Narkotika Di Lingkungan Kampus

Mahasiswa Awal Pembentukan Satgas Anti Narkotika Di Lingkungan Kampus
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

BNN.GO.ID – Yogyakarta, Irjen Pol Drs. Anjan Pramuka Putra, SH., M.Hum, Deputi Pencegahan Badan Narkotika Nasional (BNN) yang kini juga menjabat sebagai PLT. Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN, mengaku memberdayakan mahasiswa untuk melakukan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) sejak tahun 2002 silam, ketika masih berpangkat Letkol dan berdinas di Polda Metro Jaya.

“Ini (Penggiat Anti Narkoba) lahir dari kami saat itu masih di Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya, mengumpulkan mahasiswa untuk membentuk embrio pertama Satgas Anti Narkotika untuk bersama-sama mengatasi maraknya peredaran narkotika di kampus”, ujar Anjan saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis Penggiat P4GN Lingkungan Pendidikan di D.I. Yogyakarta, di The Alana Hotel and Convention Center, pada Selasa (28/7).

Langkah strategis ini diambil Anjan atas kekhawatirannya terhadap banyakanya mahasiswa yang terjerat Narkoba pada saat itu yang harus segera mendapatkan perhatian khusus, namun pihaknya tidak dapat leluasa secara langsung menyentuh lingkungan kampus.

Pada masa itu, Anjan mengumpulkan sejumlah mahasiswa untuk dilatih menjadi Satuan Tugas (Satgas) Anti Narkotika Kampus. Satgas ini bertugas menjadi garda terdepan dalam melaksanakan P4GN di lingkungan kampus.

Baca juga:  Upaya P4GN Melalui Pameran Pendidikan

“Kalau ada pengedar, pemakai Narkoba, mereka (Satgas) adalah tangan pertama yang mengambli lalu diserahkan kepada kita (Polisi)”, jelas Anjan.

Menurutnya, mahasiswa merupakan aset bangsa di masa depan. Nasib bangsa dan negara ini berada di tangan mereka yang tengah menempuh pendidikan tinggi. Tugas kita bersama adalah menjaga agar generasi muda sebagai sumber daya yang unggul memiliki daya tangkal yang kuat terhadap ancaman Narkoba.

Oleh karena itu lingkungan pendidikan dituntut untuk tidak hanya fokus terhadap bidang akademis saja tetapi juga melakukan upaya-upaya progresif dan revolusioner guna menjaga dan menyelamatkan masa depan bangsa dari bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba. (DND/HNY)

BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN RI
#hidup100persen

Instagram: @infobnn_ri
Twitter. :@infobnn
Facebook Fan page : @humas.bnn
YouTube: Humasnewsbnn

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel