Bidang Rehabilitasi

BNN Upgrade Kemampuan Asesor Kompentensi Konselor Adiksi

Dibaca: 229 Oleh 19 Agu 2020Tidak ada komentar
BNN Upgrade Kemampuan Asesor Kompentensi Konselor Adiksi
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

BNN.GO.ID – Jakarta, BNN melalui Direktorat Penguatan Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat (PLRKM) Deputi Bidang Rehabilitasi BNN RI bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Badan Narkotika Nasional (LSP BNN) menggelar kegiatan Peningkatan Kemampuan Asesor Kompetensi Konselor Adiksi di Hotel Kartika Chandra, Jakarta selama tiga hari mulai tanggal 18-20 Agustus 2020.

Direktur PLRKM, dr. Amrita Devi, Sp.Kj.,M.Si mengatakan ada sejumlah aspek penting yang melatarbelakangi kegiatan ini, salah satunya adalah kebutuhan untuk menyiapkan para asesor yang qualified dan certified.

“Asesor kompetensi konselor adiksi tidak hanya dituntut untuk mampu menilai kompetesi seseorang, tetapi harus mampu membimbimbing dan mengarahkan peserta uji untuk dapat menampilkan seluruh kemampuan terbaik,” ungkap Direktur PLRKM, melalui pesan singkatnya, pada Selasa (18/8).

Di samping itu, adanya perubahan skema dan standar kompetensi kerja profesi konselor adiksi serta perubahan materi dan format uji kompetensi yang disesuaikan dengan buku kerja asesor kompetensi (BNSP, 2020) menjadikan kegiatan hari ini begitu mendesak.

Ketika disinggung tentang tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan ini, Amrita menyebutkan kegiatan ini dilaksanakan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kerja asesor kompetensi konselor adiksi dan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap perubahan perangkat uji kompetensi konselor adiksi.

“Adapun hasil yang diharapkan yaitu dari sisi output nya tersedia acuan perangkat asesmen dan outcome-nya ada peningkatan kompetensi asesor kompetensi konselor adiksi,” imbuhnya.

Kegiatan selama tiga hari ini diikuti oleh asesor kompetensi konselor adiksi LSP BNN, yang berasal dari BNN, BNNP dan BNNK, Balai Besar Rehabilitasi BNN, Kementerian Sosial (BRSKP NAPZA Bambu Apus), Kementerian Kesehatan (RSKO dan RSMM), Ikatan Konselor Adiksi Indonesia (IKAI) dan Praktisi di bidang konseling adiksi. Sementara itu para instruktur yang memberikan materi pelatihan yaitu Deviyanus, ST, Master Asesor dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). (BK)

BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN RI
#Hidup100persen

Instagram: @infobnn_ri
Twitter. : @infobnn
Facebook Fan page : @humas.bnn
YouTube: Humasnewsbnn

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel