Berita UtamaUnggulanBerita SatkerBidang Pemberdayaan Masyarakat

BNN RI Berdayakan Masyarakat Melalui Pelatihan Kewirausahaan

Dibaca: 32 Oleh 16 Sep 2020Tidak ada komentar
BNN RI Berdayakan Masyarakat Melalui Pelatihan Kewirausahaan
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

BNN.GO.ID, Banjarmasin – Dalam rangka mewujudkan Indonesia bebas dari narkoba, Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia telah melakukan berbagai macam strategi dan inovasi dalam upaya
Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgnaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekusor (P4GN), salah satunya melalui upaya pemberdayaan masyarakat di bidang kewirausahaan.

Pemberdayaan masyarakat adalah upaya untuk memampukan dan memandirikan masyarakat melalui berbagai upaya, antara lain Enabling, yaitu menciptakan suasana atau iklim yang memungkinkan potensi masyarakat berkembang,
Empowering yaitu meningkatkan kapasitas dengan memperkuat potensi yang dimiliki oleh masyarakat, dan yang ketiga adalah Protecting, yaitu melindungi kepentingan dengan mengembangkan sistem perlindungan bagi masyarakat yang menjadi subyek pengembangan.
Pemberdayaan masyarakat ini bertujuan untuk melakukan perbaikan di berbagai bidang, antara lain perbaikan kelembagaan, usaha, pendapatan, lingkungan, kehidupan dan masyarakat.

Salah satu upaya yang dilakukan Direktorat Pemberdayaan Alternatif BNN RI adalah dengan memberikan program pelatihan pengembangan kewirausahaan kepada 150 orang masyarakat yang tinggal di gang jamaah Kelurahan Pekauman Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin yang diadakan selama tiga hari mulai tanggal 15 – 17 September 2020 dengan dihadiri seluruh peserta.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan di Aula Kecamatan Banjarmasin Selatan dan secara resmi dibuka oleh Kepala BNNP Kalimantan Selatan Drs. Aris Purnomo serta dihadiri Kepala Kesbangpol Drs.Kasman, MAP, Ketua Dekranasda Banjarmasin, Ibu Hj. SitiWasilah, Kepala BNNK Samarinda Agus Lukito, S.Pd serta seluruh pejabat BNN dan forkopimda Kota Samarinda.

Pada sambutannya, Kepala BNNP Kalsel mengapresiasi kegiatan pelatihan kewirausahaan yang diinisiasi BNN RI yang bekerjasama dengan unsur pemerintah daerah setempat. Ia berharap pelatihan ini dapat membawa perubahan bagi peserta dan dapat menularkan ilmu dan ketrampilannya kepada masyarakat sekitar dan mampu mengambil peluang dari program kewirausahaan ini.

“Saya harapkan dengan adanya peluang usaha ini tentunya sangat baik sekali agar dapat menopang ekonomi keluarga”, ujar Aris Purnomo.

Dengan diadakannya pelatihan kewirausahaan ini ia berharap masyarakat tidak lagi bersentuhan dengan narkoba dan semua produk hasil kerajinan yang dihasilkan masyarakat di gang jamaah dapat dipasarkan pada pameran pemerintah, koperasi dan di toko online BNN www.tokostopnarkoba.bnn.go.id

Pembukaan kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan secara simbolis peralatan dan bahan fisik Life Skill kepada salah satu peserta dan dilanjutkan dengan kegiatan pengembangan kewirausahaan oleh pendamping bidang kerajinan tangan. (HNY/FNY)

Biro Humas dan Protokol BNN RI
#hidup100persen

Instagram: @infobnn_ri
Twitter. : @infobnn
Facebook Fan page : @humas.bnn
YouTube: Humasnewsbnn

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel