Bidang PencegahanUnggulan

BNN Dukung Babakan Sari Jadi Role Model Kecamatan Bersih Narkoba

BNN DUKUNG BABAKAN SARI JADI ROLE MODEL KECAMATAN BERSIH NARKOBA
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

BNN.GO.ID – Bandung, Tingginya angka penyelundupan narkoba melalui wilayah terpencil di Indonesia, menjadi tantangan tersendiri bagi Badan Narkotika Nasional (BNN). Jalur laut menjadi salah satu jalur yang paling rawan mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak pintu masuk.

Kondisi ini yang menginisiasi terbentuknya program Desa Bersinar besutan Deputi Pencegahan BNN sebagai salah satu program nasional dalam penanggulangan narkoba di Indonesia. Hal lain yang perlu menjadi perhatian adalah wilayah padat penduduk salah satunya Kota Bandung yang memiliki satu kecamatan dengan jumlah penduduk yang cukup padat yakni Babakan Sari.

Hal tersebut disampaikan Deputi Pencegahan BNN, Anjan Pramuka Putra, Saat menghadiri vasitasi virtual Desa/Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar) di Balaikota Bandung, Jawa Barat, Jumat (22/1).

Babakan Sari memiliki luas wilayah 88 Hektare dengan jumlah penduduk mencapai 39.511Jiwa. Kondisi ini menyebabkan Babakan Sari menjadi wilayah yang rawan penyalahgunaan narkoba.

“Melalui program Desa Bersinar, BNN mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terlibat dalam penanggulangan masalah narkoba di wilayahnya, dan Babakan Sari menjadi salah satu dari 8 kecamatan di Bandung yang telah diinisiasi menjadi Desa Bersih Narkoba”, ujar Anjan.

Menurutnya ini akan jauh lebih efektif mengingat unsur masyarakat seperti RT, RW, Lurah, Camat, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan komponen masyarakat lainnya dapat menjadi agen pencegahan langsung saat ditemukannya kasus penyalahgunaan narkoba.

Melalui program ini, BNN mengajak seluruh elemen masyarakat turut aktif dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba di wilayahnya.

Anjan Pramuka Putra, mengatakan pihaknya telah membentuk beberapa Desa Bersinar sebagai role model yang nantinya diharap mampu memberikan efek prositif bagi lingkungan disekitar.

“Terbentuknya Desa atau kecamatan bersinar dan keterlibatan elemen masyarakat pada program ini sesuai dengan instruksi Presiden No. 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN”, kata Anjan Pramuka Putra. (VDY)

Biro Humas dan Protokol BNN

Instagram: @infobnn_ri
Twitter. : @infobnn
Facebook Fan page : @humas.bnn
YouTube: Humasnewsbnn

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel