Skip to main content
UnggulanBerita Utama

BNN RI dan Kementerian Keamanan Publik Panama Siap Kerja Sama Perangi Narkoba

Dibaca: 26 Oleh 27 Mei 2022Mei 29th, 2022Tidak ada komentar
Perdana ! Indonesia-Panama Kerja Sama Perangi Narkoba
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

Dalam kunjungan kerjanya di Panama, Kepala BNN RI, Dr. Petrus Reinhard bertemu dengan Wakil Menteri Keamanan Publik/ Vice Ministro de Seguridad Pública Panama, Mr. Ivor Axel Pitti Hernández untuk membahas kerja sama penanggulangan narkoba. Di Panama, Kementerian Keamanan Publik membawahi 4 angkatan keamanan publik, termasuk kepolisian nasional yang menangani masalah narkoba.

Kedua negara sepakat bahwa penanggulangan narkoba perlu dilakukan serius mengingat masalah tersebut mengancam kelangsungan generasi muda bangsa. Kepala BNN RI menyampaikan, trend penyalahgunaan narkoba kembali meningkat sebesar 0,15% dari 1,8% menjadi 1,95% atau sebanyak 3,6 juta jiwa terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Bahkan dalam masa wabah covid-19, modus peredaran narkoba semakin berbeda dengan sebelum pandemi.

Untuk menangkal ancaman tersebut, Kepala BNN RI menjelaskan pihaknya telah melakukan upaya war on drugs atau perang melawan narkoba secara serius melalui pendekatan soft, hard, dan smart power approach serta cooperation.

Sementara itu, masalah narkoba juga menjadi ancaman serius untuk Panama. Meski bukan merupakan negara produsen, tapi Panama menjadi _hub_ bagi para pengedar narkoba dari berbagai negara di Amerika Latin untuk mengedarkan ke sejumlah di Eropa dan Amerika Serikat sebagai tujuan utama baik melalui jalur udara maupun laut (Terusan Panama).

Baca juga:  Dukungan Moril Ibu-Ibu DWP BNN, Bantu Para Suami dalam upaya P4GN

Melalui pertemuan BNN RI dengan Panama, tiga poin penting disepakati kedua pihak yaitu : peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM), pertukaran informasi dan tindak pencegahan obat terlarang, termasuk berbagi pengalaman untuk mencegah penyalahgunaan narkoba.

Ketiga poin tersebut telah disetujui akan menjadi landasan dalam pembuatan kerja sama berbentuk Memorandum of Understanding (MoU), yang akan segera ditindaklanjuti melalui usulan draft MoU yang ditangani oleh Direktorat Kerja Sama pada Deputi Bidang Hukum dan Kerja Sama BNN RI dengan Direktorat Kerja sama Internasional, Kementerian Keamanan Publik Panama.

Di akhir sambutannya, Kepala BNN RI mengundang Wakil Kementerian Keamanan Publik Panama untuk melakukan kunjungan kerja balasan ke Indonesia. Jenderal bintang tiga ini juga berharap MoU Indonesia-Panama terkait tiga poin utama di atas dapat segera ditandatangani.

Biro Humas dan Protokol BNN RI

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel