Skip to main content
Berita UtamaSekretariat Utama

BNN RI Gelar Webinar 3S (Senyum, Sapa, Salam) “BNNK Menyapa” Series Terakhir

#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

BNN.GO.ID – Jakarta, Badan Narkotika Nasional melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) mengadakan Webinar Series 3S (Senyum, Sapa, Salam) “BNNK Menyapa” dengan tema “Peran Budaya 3S Mewujudkan Indonesia Bersinar Di Masa Pandemi”. Series kali ini merupakan series lanjutan sekaligus series terakhir. Dua series yang sebelumnya sudah dilakukan untuk wilayah Indonesia bagian Timur dan Tengah pada beberapa waktu yang lalu. Peserta yang bergabung dalam Webinar 3S ini berjumlah sebanyak 246 peserta.

Setiap institusi publik yang berorientasi pelayanan publik perlu memiliki Standar Pelayanan Minimum untuk melaksanakan prinsip-prinsip good governance and clean government, khususnya dalam hal penyediaan layanan berkualitas terhadap stakeholders.

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada masyarakat guna peningkatan profesionalisme pegawai dan komitmen untuk mewujudkan tata kelola ( good governance ) yang baik dan meyakinkan agar BNN tetap dipercaya masyarakat dan akuntabel, maka BNN menerapkan Senyum, Sapa, Salam sebagai nilai-nilai budaya kerja dan pelayanan prima. Kali ini rekan-rekan dari Indonesia bagian Barat menyapa dan bercerita terkait kearifan lokal yang mendukung kinerja dan motivasi dari wilayah dimana mereka berada.

Baca juga:  BPSDM Kementerian ESDM RI Terus Berkomitmen Ciptakan Lingkungan Kerja yang Terbebas dari Lahgun Narkoba

Panelis pada hari ini menghadirkan dr. Danu Cahyono, Kepala Loka Rehabilitasi BNN Batam, Nasrudin, S.Ag, M.M., Kepala BNNK Belitung, dan Rusmiati, S.H., Kepala BNNK Langkat, untuk menyampaikan kondisi di wilayahnya serta bagaimana penerapan 3S kepada masyarakat internal maupun eksternal.

Panelis pertama dr. Danu Cahyono, menyampaikan selayang pandang mengenai Loka Rehabilitasi di Batam serta bagaimana penerapan 3S seharusnya tidak hanya dilakukan oleh ASN saja tetapi seluruh personel, salah satu contohnya diawali oleh penjaga keamanan (security) sebagai pintu pertama.

Selain itu, komitmen pelaksana pelayanan publik sudah seharusnya diutamakan dalam proses penyelenggaraan pelayanan publik. Komitmen tersebut minimal mencakup profesionalisme dan etika dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Komitmen pelaksana pelayanan publik menjadi faktor penting dalam proses penyelenggaraannya karena merupakan wajah terdepan penyelenggaraan pelayanan publik itu sendiri. tanpa adanya komitmen tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Maka perlu digaris bawahi, peran aparatur pelaksana pelayanan publik sangat penting untuk terus ditingkatkan, terutama komitmen dalam mewujudkan pelayanan prima.

Baca juga:  BISNIS BAWANG DARI JUAL SABU

“karena security sebagai pintu pertama merupakan first impression dari masyarakat saat menerima layanan dari BNN, apabila security sudah tidak memberikan senyuman maka akan memberi kesan yang kurang baik di masyarakat, walaupun pelayanan lainnya bagus dan tidak ada masalah. Selain itu, kita harus menunjukan rasa menghargai selama proses pelayanan karena pelanggan senang diutamakan dan dipentingkan, untuk itu kita harus saling bekerjasama,” ujarnya.

Sementara itu, Nasrudin, S.Ag., M.M., menyampaikan bentuk dukungan Pemerintah Daerah kepada BNNK Belitung terkait P4GN dengan mengimplementasikan Senyum, Sapa, dan Salam, mendapatkan atensi yang luar biasa, yaitu menghibahkan sebuah lahan untuk BNNK Belitung bertugas. Selain itu, BNNK Belitung juga dianugrahkan Selendang oleh Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Belitung dan difasilitasi Rumah Adat untuk digunakan oleh BNNK Belitung.

Panelis yang terakhir, Rusmiati, S.H., menegaskan bahwa 3S sudah dilakukan sebelum surat edaran dari Kepala BNN, tentang penerapan senyum, sapa, salam.

“Senyum, Sapa, Salam, sudah kami lakukan sebelum ada surat edaran tentang 3S ini dari tahun 2013 karena identiknya Kabupaten Langkat dan masyarakatnya dikenal dengan keramahannya,” ujarnya.

Baca juga:  BNNK Pekanbaru Lakukan Tes Urine Dalam Menetapkan Lingkungan Kerja Bebas Narkoba di Instansi Swasta PT. Telkom Kota Pekanbaru

Pada kesempatan yang sama Drs. Heri Maryadi, Kepala Biro SDM BNN, mengharapkan dengan diadakan Webinar 3S, peserta yang bergabung dapat mengenal wilayah kerja BNNK dan dapat menjadi inspirasi untuk SDM BNN yang akan ditugaskan di wilayah kerja manapun.

“dengan semangat war on drugs, pendekatan sosial kultural ini harus selalu kita jalankan sebagai bagian dalam mendukung kinerja BNN, salah satunya terkait isu strategis wilayah yang berkolaborasi dengan pemerintah setempat, warga sekitar, hingga para stakeholders. Sehingga Indonesia Bersinar (Bersih Narkoba) dapat terwujud,” pungkas Karo SDM BNN. (FNY)

BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN RI

Instagram: @infobnn_ri
Twitter. : @infobnn
Facebook Fan page : @humas.bnn
YouTube: Humasnewsbnn

#WarOnDrugs
#IndonesiaBersinar

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel