Skip to main content
UnggulanBerita UtamaBerita Satker

BNN RI Buka Peluang Jalin Kerja Sama Dengan Mozambik

Oleh 15 Mar 2023Maret 17th, 2023Tidak ada komentar
Auto Draft
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) yang di wakili oleh Sekretaris Utama BNN RI Tantan Sulistyana, S.H., S.I.K didampingi Deputi Pemberantasan BNN RI I Wayan Sugiri, S.H., S.I.K., M.Si. menerima Kunjungan Kerja dari Duta Besar Indonesia untuk Mozambik Herry Sudrajat di ruang kerja Kepala BNN RI Cawang, Rabu (15/3).

Kunjungan kerja ini membahas kerja sama antara Indonesia dengan Mozambik untuk penanggulangan masalah Narkotika, mengingat jaringan Mozambik telah menyasar ke Indonesia sebagai negara tujuan penyelundupan Narkotika.

Pada kesempatan kali ini, Sestama BNN RI yang didampingi oleh Deputi Pemberantasan BNN RI, I Wayan Sugiri, S.H., S.IK., M.Si menyampaikan situasi narkoba di Indonesia. Berdasarkan hasil survei nasional yang diadakan oleh BNN pada tahun 2021 angka prevalensi mengalami peningkatan sebesar 0,15% dari 1,8% menjadi 1,95% atau setara dengan 3,66 juta jiwa yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

Sestama BNN RI juga menyampaikan beberapa keberhasilan BNN dalam pengungkapan kasus di tahun 2022 serta keberhasilan BNN pada akhir Februari 2023 dalam pengungkapan kasus penyelundupan 309kg sabu dari jaringan internasional.

Baca juga:  BNN Kota Kediri Sidak WTS Di UPT RSTS Kediri Rawan Penyalahgunaan Narkoba, 56 WTS Dites Urine

Dubes RI untuk Mozambik juga menyampaikan situasi Narkotika di Mozambik. Mozambik merupakan jalur transit masuknya narkotika yang berasal dari Golden Cresent menuju wilayah Eropa dan Amerika Serikat. Peredaran narkotika di Mozambik di dominasi oleh heroin.

Oleh karena itu, Dubes RI untuk Mozambik menyampaikan pentingnya kerja sama antara Mozambik dan Indonesia di bidang pertukaran informasi, peningkatan kemampuan personel dan berbagi pengalaman terkait pemberantasan narkotika.

Dubes juga menyampaikan bahwa seperti halnya di Indonesia yang memiliki BNN, Mozambik juga memiliki Central Office of Prevention and Combat Drugs (GCPCD), yakni organisasi yang menangani pencegahan dan pemberantasan Narkotika yang bertanggung jawab kepada Perdana Menteri Mozambik.

Di akhir pembicaraan, Dubes mengharapkan kiranya kerja sama dalam pemberantasan peredaran gelap narkotika antara Indonesia dan Mozambik dapat menjadi salah satu capaian pada saat kunjungan Presiden RI ke Mozambik.

Kunjungan ini diakhiri dengan pemberian plakat dari Sestama BNN RI kepada Dubes Indonesia untuk Mozambik.

Biro Humas dan Protokol BNN RI

Baca juga:  Glamor, Corby Sakiti Rakyat

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel