Berita UtamaBidang Pemberdayaan Masyarakat

BNN Latih Warga Kelurahan Kota Bambu Selatan Produksi Sabun Cuci

Kepala BNN RI Mengajak Universitas Gunadarma Dalam Menanggulangi Narkoba Di Era Pandemi Covid-19 Menuju Indonesia Bersinar
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

BNN.GO.ID – Jakarta, Direktorat Pemberdayaan Alternatif Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat BNN RI menggelar Kegiatan Pengembangan Ekonomi Bagi Masyarakat Pada Kawasan Rawan Narkoba di Kelurahan Kota Bambu Selatan, Jakarta Barat melalui pelatihan produksi sabun cuci pada Rabu (1/9).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kasubdit Masyarakat Perkotaan Direktorat Pemberdayaan Alternatif BNN, Sefi Donayanti, S.Kom.,M.Si. Menurut Sefi, kegiatan ini merupakan bagian dari tugas Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat untuk memberikan pelatihan atau life skill kepada masyarakat.

“Tujuannya agar mereka memiliki keahlian sehingga meningkatkan perekonomian masyarakatnya itu sendiri,” imbuhnya.

Melalui kegiatan pelatihan life skill, ia juga berharap Kawasan Kiapang di Kelurahan Kota Bambu Selatan, Jakarta Barat ini berubah dari Zona Bahaya menjadi Zona Aman atau bersih narkoba.

Kegiatan pengembangan wirausaha kali ini diikuti oleh dua puluh peserta. Mereka diberikan pelatihan membuat sabun cuci piring, deterjen cair dan sabun cuci lantai oleh seorang instruktur yang telah berpengalaman.

Kepada para peserta, Sefi meminta agar seluruh peserta menjalani pelatihan ini dengan sungguh-sungguh. Menurutnya, BNN sudah menyiapkan pangsa pasar potensial yaitu sebuah hotel di Jakarta. Hal ini tentu tidak mudah, karena pihaknya harus meyakinkan agar produk yang dihasilkan oleh binaan BNN memiliki kualitas baik dan sesuai dengan kriteria yang diinginkan pihak hotel.

Pelatihan ini mendapatkan respon yang baik dari Lurah Kota Bambu Selatan, Muhadi, SKM.,MKM. Ia memberikan apresiasi yang tinggi kepada BNN yang telah melaksanakan kegiatan yang sangat bermanfaat di wilayahnya.

Menurutnya, kegiatan hari ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi antara BNN dengan pemerintah di daerah dalam mengimplementasikan upaya penanggulangan narkoba. Ia menambahkan, partisipasi masyarakat memegang peran yang sangat penting. Oleh karena itulah, Muhadi meminta pada peserta yang telah terpilih dari empat RW dapat melaksanakan pelatihan dengan serius.

“Materi yang diberikan ini sangat bermanfaat dan diharapkan bisa dikembangkan di wilayah masing-masing,” pesan Muhadi.

Di akhir sambutannya, Muhadi berharap melalui kegiatan ini, kualitas hidup di lingkungannya bisa lebih meningkat.

Senada dengan hal tersebut, Indah Pertiwi, seorang peserta dari RW 3, Kota Bambu Selatan mengaku antusias untuk berpartisipasi dalam pelatihan life skill dari BNN. Menurutnya, pelatihan seperti ini merupakan langkah yang tepat untuk membuka peluang yang luas dalam menghasilkan mata pencaharian. Selain itu, kegiatan positif semacam ini sangat efektif untuk menghindarkan dirinya dari ancaman penyalahgunaan narkoba terutama di daerah yang rawan. (BK)

BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN RI

Instagram: @infobnn_ri
Twitter. : @infobnn
Facebook Fan page : @humas.bnn
YouTube: Humasnewsbnn

#WarOnDrugs
#IndonesiaBersinar

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel