Bidang Pemberdayaan Masyarakat

Bekali Penggiat P4GN, BNN RI Hadirkan Content Creator

Bekali Penggiat P4GN, BNN RI Hadirkan Content Creator
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

BNN.GO.ID – Aceh, Penggiat P4GN saat ini memiliki tantangan yang cukup berat karena ancaman bahaya narkoba saat ini terus meningkat. Arus informasi yang begitu deras dari berbagai media membuat para penggiat harus memiliki kemampuan tidak hanya dalam memberikan sosialisasi tatap muka, tetapi juga dalam penyampaian informasi di berbagai kanal media.

Melihat tantangan tersebut, Direktorat Peran Serta Masyarakat Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat BNN RI dalam bimbingan teknis penggiat P4GN di Provinsi Aceh memberikan materi terkait social media skill dan public speaking. Kedua materi tersebut diberikan sebagai bekal bagi para penggiat untuk dapat menyampaikan bahaya narkoba secara menarik dan efektif.

Muhammad Al Munawir atau yang lebih dikenal Awien Syuib seorang influencer asal Aceh yang didaulat membawakan materi social media skill dalam Bimtek tersebut menyampaikan pentingnya menciptakan sebuah konten yang menarik untuk dapat diterima dan dipahami oleh publik. Ia menyebutkan setidaknya ada lima hal yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah konten yaitu ide, shooting, editing, publikasi, dan upload atau unggah.

“Untuk mendapatkan sebuah ide atau gagasan yang menarik dalam penyampaian pesan, kita dapat mengkaitkannya dengan apa yang sedang terjadi dan menjadi keresahan publik saat ini,” ujar pria yang akrab disapa Awien tersebut.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa pencarian ide inilah yang biasanya banyak memakan waktu. Setelah ide ditemukan maka selanjutnya dapat dieksekusi dengan syuting, editing, dan meng-upload atau mengunggah di media sosial.

Dalam pengunggahan konten di media sosial pun tidak bisa sembarang. Menurut pria yang memiliki puluhan ribu follower dan subscriber ini, ada waktu-waktu tertentu sehingga konten yang diunggah dapat dilihat dan mendapatkan feedback yang banyak.

“Mengunggah konten di medsos yang paling efektif itu di jam 6 sore sampai jam 10 malam, karena di jam-jam tersebut orang rehat dari rutinitasnya dan membuka-buka hp sampai waktu akan tidur,” tutur Awien.

Ia juga berpesan jangan lupa untuk menyertakan hashtag setelah caption pada setiap postingan, karena hal itu akan menjadi keyword yang memudahkan dalam pencarian. (ARM)

BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN RI

Instagram: @infobnn_ri
Twitter. : @infobnn
Facebook Fan page : @humas.bnn
YouTube: Humasnewsbnn

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel