Berita Utama

Ahwil Luthan; Waspadai Peredaran New Psychoactive Subtances di Lingkungan Kampus

Dibaca: 96 Oleh 22 Agu 2020Agustus 23rd, 2020Tidak ada komentar
Ahwil Luthan; Waspadai Peredaran New Psychoactive Subtances di Lingkungan Kampus
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

BNN.GO.ID – Jakarta, Ketua Kelompok Ahli BNN Jelaskan NPS dalam Webinar Bersama Mahasiswa ITL Trisakti. Peredaran narkotika jenis baru atau yang biasa disebut dengan New Psychoactive Substances (NPS) di lingkungan kampus menjadi kekhawatiran segenap jajaran Institut Transportasi dan Logistik (ITL) Trisakti. Dalam rangka Dies Natalis ke-50 ITL Trisakti mencoba menjawab kekhawatiran tersebut dengan menggelar webinar anti narkoba yang berlangsung pada hari Jumat (21/8).

Segenap pakar hadir sebagai narasumber dalam pertemuan virtual tersebut, diantaranya Komjen Pol. (Purn) Drs. Ahwil Luthan, S.H., MNA., M.M.; dr. Lula Kamal M.Sc.; dan AKBP Yuanita Amelia Sari, S.E., M.Si..

“NPS telah menjadi fenomena global dengan lebih dari 100 negara, dan dari seluruh wilayah di dunia telah melaporkan satu atau lebih NPS,” tutur Ahwil Luthan dalam paparannya.

Ia juga menyampaikan bahwa maraknya peredaran narkotika dan NPS tak lepas dari teknologi informasi (cyber) yang kian maju. Lebih lanjut purnawirawan jendral polisi tersebut setidaknya menyebutkan 4 ancaman cyber diantaranya yaitu surface web market, deep web market, cryptomarket, dan perkembangan teknologi yang dimanfaatkan untuk memproduksi maupun mengedarkan narkotika.

Oleh sebab itu Ahwil Luthan sangat mendukung adanya satgas anti narkoba di lingkungan kampus yang diisi oleh para mahasiswa. Sebab menurutnya anak muda cenderung lebih suka bercerita kepada teman sebayanya daripada kepada orang tuanya, sehingga satgas yang berisi mahasiswa akan lebih efektif.

“Anak muda biasanya tidak bercerita dengan orangtuanya jadi Satgas yang berisi teman-teman sebaya saya rasa ini bagus dan perlu dikembangkan,” ujarnya (ARM/HNY)

Ahwil Luthan; Waspadai Peredaran New Psychoactive Subtances di Lingkungan Kampus

BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN RI
#Hidup100persen

Instagram: @infobnn_ri
Twitter. : @infobnn
Facebook Fan page : @humas.bnn
YouTube: Humasnewsbnn

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel