UnggulanBerita UtamaBidang Rehabilitasi

WADAH REHABILITASI NON INSTITUSI, SEBUAH UPAYA REHABILITASI BNN DI DESA PEMOGAN BALI

WADAH REHABILITASI NON INSTITUSI, SEBUAH UPAYA REHABILITASI BNN DI DESA PEMOGAN BALI
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

BNN.GO.ID, Surabaya – Upaya rehabilitasi melalui Pemulihan Berbasis Masyarakat (PBM) telah dilaksanakan di Desa Pemogan sebagai pilot project, di Bali. Saat ditemui dalam kegiatan Rapat Kerja Evaluasi Bidang Rehabilitasi di Surabaya, Kabid Rehabilitasi BNNP Bali, Agung Adnyana berbagi sedikit cerita tentang upaya BNNP Bali dalam merealisasikan konsep PBM di daerahnya. Sebagai langkah awal, tim dari bidang rehabilitasi BNNP Bali melakukan pemetaan, dan diketahui bahwa di daerah Desa Pemogan termasuk ke dalam kategori rawan narkoba.

Selanjutnya, tim BNNP melakukan pendekatan dengan potensi yang ada di desa seperti aparat desa di sana untuk membuat wadah rehabilitasi non institusi, yaitu sebuah upaya rehabilitasi yang dilakukan di desa.

Dari hasil pemantauan tim rehabilitasi, ternyata para penyalah guna narkoba itu enggan untuk mengakses layanan rehabilitasi yang disediakan oleh pemerintah baik itu berupa klinik ataupun rumah sakit.

“Sehingga dengan adanya treatment gap seperti itu, kami melakukan koordinasi dengan aparat pemerintahan di sana, untuk mendirikan PBM yang diawaki oleh anggota masyarakat setempat baik itu tokoh, tenaga kesehatan, dan pecalang yang disegani,” imbuh Agung, pada Kamis (10/10).

Baca juga:  BNN Musnahkan Shabu 2.761,87 Gram

Proses yang dijalani memang tidaklah mudah karena program seperti ini pasti mendapat penolakan dari orang yang memiliki kepentingan lain. Namun pada akhirnya, melalui komunikasi yang baik, dengan para tokoh adat dan juga aparat, maka terwujudlah PBM di desa Pemogan.

Berjalan empat bulan, tim PBM bisa melakukan aksi yang nyata dengan melakukan intervensi pemulihan terhadap enam orang penyalah guna narkoba. Dalam pelaksanaan program ini, prinsip kerahasiaan pun dijunjung tinggi karena tidak dilakukan di tempat umum tapi di rumah penduduk yang peduli pada pemulihan dari penyalahgunaan narkoba.

Menanggapi upaya ini, Direktur Pasca Rehabilitasi BNN, dr Budiyono mengatakan kepada para peserta raker agar apa yang dilakukan oleh BNNP Bali bisa menjadi contoh yang baik dalam upaya pembelajaran.

Ia memberikan saran agar para petugas dari BNNP Bali agar terus melakukan pemantauan, dan pendampingan terhadap petugas PBM di lapangan agar program tersebut terus berjalan sesuai harapan.

BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN

Instagram: @infobnn_ri
Twitter. :@infobnn
Facebook Fan page : @humas.bnn
YouTube: Humasnewsbnn

#Bersinar

#Stopnarkoba

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel