Berita UtamaSekretariat Utama

Visitasi Virtual PKN Tingkat II: Melihat Lebih Dekat Sinergitas P4GN di Sulawesi Utara

Oleh 18 Jul 2021Juli 21st, 2021Tidak ada komentar
Visitasi Virtual PKN Tingkat II: Melihat Lebih Dekat Sinergitas P4GN di Sulawesi Utara
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

BNN.GO.ID – Manado, Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II melaksanakan visitasi guna melihat sejauh mana sinergitas pelaksanaan program P4GN khususnya pelaksanaan desa dan kelurahan bersinar di daerah. Visitasi PKN Tingkat II kali ini dilakukan di Provinsi Sulawesi Utara.

Visitasi yang dilakukan secara virtual ini berlangsung pada hari Kamis, 15 Juli 2021, peserta visitasi di Provinsi Sulut berjumlah 20 orang yang terbagi menjadi 2 kelompok, yakni di Desa Sea Tumpengan dan Kelurahan Karombasan Selatan.
Para peserta didampingi oleh Widyaiswara utama dari LAN Nana Rukmana dan PPSDM BNN Moh. Ali Azhar.

Dalam kesempatan visitasi tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat setempat, diantaranya Walikota Manado, Andrei Angouw; Plt. Kepala Kesbangpol Manado, Meiske Conny Lantu; Kepala BNNP Sulut, Victor J. Lasut; Kepala BNNK Manado, Reino F. Bangkang; Lurah Karombasan Selatan, Deesye Tulenan, dan jajaran pejabat lainnya.

Kepala BNNP Sulawesi Utara dalam kesempatan tersebut memaparkan berbagai program yang dilakukan dalam melakukan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di Sulawesi Utara. Salah satu program yang dijelaskan yaitu Program Desa dan kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar) di Kelurahan Karombasan Selatan. Kelurahan tersebut dipilih menjadi pilot project Desa Bersinar dari 87 Desa/Kelurahan yang ada di Kota Manado, Sulawesi Utara.

Penetapan Kelurahan Karombasan Selatan sebagai pilot project Desa dan kelurahan Bersinar dipertegas dengan adanya Surat Keputusan Walikota Manado Nomor:160/KEP/B.05/BKBP-LINMAS/2021 yang kemudian disusul dengan pembentukan relawan dan panitia pencanangan Kelurahan Bersinar.

“Kelurahan Karombasan Selatan merupakan salah satu kawasan rawan narkoba yang berbatasan langsung dengan Kelurahan Ranotana dan Karombasan Utara dimana banyak terdapat tempat kos bebas yang tidak diawasi oleh pemiliknya,” ujar Lurah Karombasan Selatan, Deesye Tulenan.

Deesye menjelaskan bahwa pada tahun 2020 setidaknya telah terjadi penangkapan sebanyak 3 kali terhadap bandar narkotika yang berdomisili di wilayahnya. Oleh sebab itu, penetapan Kelurahan Bersinar oleh Walikota Manado pada tanggal 21 Juni lalu diharapkan semakin memperkuat sinergitas dalam pelaksanaan P4GN sehingga mewujudkan Kelurahan Karombasan Selatan yang benar-benar bersih dari narkoba.

Kelurahan Karombasan Selatan telah melakukan banyak langkah pro aktif dalam pelaksanaan kelurahan bersinar, seperti telah terbentuknya Pokja P4GN di tingkat kelurahan. Banyak kegiatan yang dilaksanakan dalam mewujudkan Kelurahan bersinar

Sejalan dengan apa yang disampaikan Lurah Karombasan Selatan, Kepala BNN Provinsi Sulawesi Utara Victor J. Lasut juga berharap pembentukan Kelurahan Karombasan Selatan sebagai kelurahan Bersinar dapat meningkatkan peran serta seluruh elemen masyarakat dalam pelaksanaan P4GN dan dapat menjadi contoh bagi Kelurahan lainnya di Kota Manado khususnya dan Provinsi Sulut pada umumnya.

“Seluruh lembaga dan masyarakat secara bersama-sama diharapkan dapat turut berperan aktif sehingga P4GN dapat dilakukan secara massif,” ungkap Victor J. Lasut. (ARM)

BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN RI

Instagram: @infobnn_ri
Twitter. : @infobnn
Facebook Fan page : @humas.bnn
YouTube: Humasnewsbnn

#WarOnDrugs
#IndonesiaBersinar

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel