
BNN melalui Direktorat Pemberdayaan Alternatif Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat berikan pelatihan LifeSkill kepada masyarakat Kupang Krajan, Kota Surabaya. tujuannya untuk menekan peredaran narkoba pada kawasan rawan dan mewujudkan masyarakat bersih dari narkoba (Bersinar).
BNN.GO.ID. Surabaya, 30Kegiatan dibuka oleh Ka BNN Kota Surabaya
Dilanjutkan pemberian materi / paparan oleh Ibu Sefidonayanti, S.Kom, M.Si selaku Koordinator Dayatif tentang Upaya P4GN
Menjelaskan kenapa kelurahan Kupang Krajan menjd salah satu Kawasan yg dipilih utk di intervensi krn berstatus bahaya berdasarkan hasil pemetaan kawasan , data yg dikumpulkan oleh wilayah dr Kepolisian jg Pemda setempat sesuai dg 8 indikator pokok , 5 indikator pendukung dan merupakan salah satu Kelurahan Bersinar di Kota Surabaya.
Dan jg menyampaikan ttg efek penyalahgunaan Narkoba serta peranan pentingnya keluarga yg merupakan benteng utama dlm upaya mencegah anak2 menjdi penyalahguna Narkoba.
Bertujuan untuk memberikan ketrampilan pada masyarakat setempat baik yg mantan penyalahguna, keluarganya, maupun yg blm terpapar agar tidak terjerumus ke dalam jurang lahgun narkoba, dan memiliki ketrampilan guna meningkatkan taraf kehidupan dan perekonomian masy dimaksud.
Dilanjutkan dg pemberian materi oleh para praktisi :
1).Pengenalan Video Promosi
Definisi
Video promosi merupakan media sebuah perusahaan atau lembaga untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan kepada pelanggannya. Tujuan utama video promosi sudah jelas yakni ingin menarik perhatian calon pelanggannya, kemudian membujuknya hingga membeli produk atau jasa yang dijualnya. Bukan hanya itu, yang tadinya belum beli akhirnya membeli, dan juga yang tadinya membeli satu buah, kemudian mau membeli 10. Kurang lebih begitu ilustrasinya.
Video promosi menjadi salah satu media yang efektif dalam memasarkan sebuah produk karena dinilai memberikan efek audio dan visual sekaligus. Berikut adalah beberapa jenis video promosi yang selama ini muncul di berbagai media (sumber: www.koencinema.id):
1. Branding Video Promosi Produk
Iklan yang tayang di televisi maupun di digital platform umumnya merupakan video branding. Video jenis ini rata-rata berdurasi pendek, yakni sekitar 15 detik hingga 3 menit. Seperti namanya, video ini bertujuan untuk mengidentifikasikan produk Anda, juga untuk mendiferensiasikannya dari produk pesaing. Bagaimana orang lain akan menilai produk yang ditawarkan dapat diwujudkan di dalam video jenis ini. Kunci utama keberhasilannya ada pada kemampuan storytelling, baik pada unsur visual maupun pada unsur suara/audio. Anda tidak perlu menunjukkan detail produk Anda, karena itu bisa Anda tunjukkan lewat video produk jenis lain. Pada video jenis ini, Anda hanya perlu membuat alur cerita singkat tentang suatu keadaan,
2. Video demo / tutorial
Video jenis ini berisi informasi terkait bagaimana produk , apa saja fiturnya, apa saja keunggulannya, apa saja alat yang diperlukan sebagai penunjang, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, dsb. bisa mengambil topik dari hal-hal yang mungkin saja menjadi pertanyaan pelanggan. Namun fokusnya hanya pada satu produk di setiap videonya.
Meski video jenis ini rentan membuat penonton bosan, namun penting untuk diperhitungkan. Kenapa? Karena video jenis ini juga bisa mendatangkan calon pelanggan.
Orang lain yang penasaran akan mencari video demo/tutorial tentang produk yg akan dipromosikan. Tips agar video tidak terkesan membosankan adalah dengan memperhatikan estetika visualnya. Jangan anggap remeh pemilihan background dan tata artistik yang ada di depan kamera. Pilih juga angle yang baik dan bervariatif. Selain berbentuk live action, juga bisa membuat video promosi produk demo/tutorial dalam bentuk screencast dan animasi.
Video edukasi
Seperti namanya, video ini berisi suatu informasi yang dapat mengedukasi penonton. Topik yang diangkat biasanya lebih bervariasi. Cantumkan foto produk dan logo perusahaan di pojok bawah video atau di ending. Secara langsung, video jenis ini menunjukkan kepedulian dalam menyebarluaskan pengetahuan.
Video testimoni
Video testimoni adalah video yang mana harus mewawancari pelanggan. Buat mereka menceritakan pengalamannya menggunakan produk dimaksud. Video jenis ini cukup penting karena berhubungan dengan kepercayaan calon pelanggan. Dengan menampilkan penilaian produk dari sudut pandang pelanggan, orang lain tentu akan lebih percaya dan mau membeli produk dimaksud.
Pra Produksi
Pra produksi adalah satu tahapan yang harus dilalui oleh para pembuat video. Sifatnya perencanaan. Dengan perencanaan yang matang, maka pembuatan video menjadi lancar.
Ada 7 hal yang perlu disiapkan oleh para pembuat video sebelum akhirnya melakukan syuting atau produksi, yakni:
1. Konten
2. Naskah
3. Talent / pemain
4. Lokasi
5. Tata rias dan Wardrobe
6. Menyiapkan alat media rekam dan shot list
7. Kreativitas
Pada kegiatan hari pertama dilakukan pembagian kelompok , masing2 kelompok terdiri dr 5 s/d 6 org . masing kelompok membuat video promosi UMKM – UMKM yg ada di Kelurahan Kupang Krajan.
Kemudian pembagian kelas menjd 3 kelompok besar : kelompok editing, kelompok content creator dan kelompok Kameramen
Para peserta akan langsung praktek pembuatan video promosi di hr kedua : Rabu/ 31 /8/2022.
#War on Drugs
#speed up never let up