Berita UtamaBidang Pemberdayaan Masyarakat

Butuh Tim ‘Keren’ Untuk Jadi Penggiat P4GN

Dibaca: 131 Oleh 12 Nov 2020Tidak ada komentar
Pegadaian – BNN Bersinergi Bantu Korban Narkoba
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

BNN.GO.ID, Bandung – Penggiat Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) memiliki peran yang sangat penting di tengah masyarakat. Mereka adalah mitra BNN dalam upaya memberikan pemahaman tentang betapa bahayanya narkoba kepada masyarakat. Agar mereka bisa terampil saat terjun di masyarakat, Direktorat Peran Serta Masyarakat BNN RI membekali sejumlah ilmu dan wawasan pada para penggiat dari kalangan swasta dan masyarakat di Hilton Bandung, Rabu (11/11). Kali ini, para peserta yang berasal dari lingkungan swasta dan masyarakat di Jawa Barat diberikan keterampilan untuk membangun kelompok yang hebat dan solid, melalui materi dinamika kelompok.

Dalam kesempatan ini, Lulyana Ramdhani, S.Pd selaku Penyuluh Ahli Muda BNNK Cimahi membagikan pengalamannya untuk dapat membuat sebuah tim yang soild dalam rangka mengampanyekan bahaya narkoba dengan cara yang kreatif.

Menurutnya, para penggiat baik di lingkungan swasta atau pemerintah, ketika terjun di lingkungannya akan membutuhkan kerja tim agar tujuan utama yaitu lingkungan yang bersih dari narkoba atau bersinar itu dapat tercapai. Karena itulah, dalam materinya kali ini, ia mengajak para peserta untuk bisa saling mengenal dan berkolaborasi satu sama lainnya. Dengan cara sederhana namun filosofis, ia membuat sebuah simulasi permainan tertentu yang bertujuan untuk mengasah kerja sama antar pribadi dengan karakter berbeda namun tujuannya sama.

Ke depannya, ia berharap agar para penggiat P4GN ini bisa mengaktualisasikan nilai-nilai kerja sama dalam upaya penanggulangan narkoba di lingkungannya masing-masing. Ketika bicara tentang poin kerja tim dalam upaya P4GN, Lulyana membeberkan metodenya agar kampanye bahaya narkoba bisa mengena di masyarakat. Ia mengatakan dirinya telah merangkul orang-orang yang memiliki visi misi yang kuat dan seirama dengannya. Saat ini ia telah memiliki tim bernama Tim Bang Wawan Project yang terdiri dari kreator konten, dan praktisi multimedia dari kalangan pelajar, mahasiswa dan karang taruna. Dengan timnya ini, Lulyana mencoba untuk membranding dirinya sebagai ikon Bang Wawan (Pembangunan Berwawasan Anti Narkoba). Bersama timnya ini pula, ia mengampanyekan bahaya narkoba melalui media sosial dengan konten-konten menarik melalui saluran youtube Inspirasi Bang Wawan. Menurutnya, kelompok penggiat itu tak cukup modal terampil saja, namun juga berani tampil beda dan keren, sehingga eksistensinya akan diingat oleh masyarakat.

Senada dengan hal ini, Rosita atau yang akrab dipanggil Teh Iyos, sebagai salah satu penggiat anti narkoba dari kalangan masyarakat yang juga tergabung dalam Tim Bang Wawan Project mengaku senang bisa memberikan kontribusi kepada negara dengan membuat konsep konten anti narkoba dengan cara yang unik. Hal penting menurutnya, adalah menjadi penggiat anti narkoba itu adalah panggilan dari hati, demi memproteksi anak-anak muda dari narkoba. (BK)

Biro Humas dan Protokol BNN RI
#hidup100persen

Instagram: @infobnn_ri
Twitter. : @infobnn
Facebook Fan page : @humas.bnn
YouTube: Humasnewsbnn

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel