UnggulanBerita UtamaBidang Rehabilitasi

Agen Pemulihan jadi Solusi Pasca Rehabilitasi Narkoba

Dibaca: 1680 Oleh 15 Nov 2019November 21st, 2019Tidak ada komentar
Agen Pemulihan jadi Solusi Pasca Rehabilitasi Narkoba
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 
Badan Narkotika Nasional (BNN) melalui Direktorat Pasca Rehabilitasi mengevaluasi pelaksanaan program Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) di Desa Pamogan Denpasar Bali, Jumat (15/11).
Desa Pamogan merupakan salah satu dari 5  wilayah di Indonesia yang dijadikan Pilot Project Program IBM. Program IBM merupakan upaya terbaru dari BNN dalam penanggulangan narkoba di Indonesia khususnya Rehabilitasi.
Menurut dr. Yoseph Jodi selaku Kasi Produktivitas dan Pendampingan Rehabilitasi mengatakan pada program ini masyarakat berperan aktif dalam pemulihan para pecandu yang di dalamnya terdapat Pemulihan Berbasis Masyarakat  dan Agen Pemulihan. Khusus untuk pasca rehabilitasi lebih kepada Agen Pemulihan.
“Petugas Agen Pemulihan ini merupakan perpanjangan tangan dari petugas pasca rehabilitasi untuk melaksanakan pasca rehabilitasi,” ucap Jodi. Jodi menambahkan, agen pemulihan langsung dekat dengan masyarakat dan disupervisi oleh petugas pasca.
Adapun tugas yang dilakukan para agen ini yaitu melakukan pendampingan dan pemantauan. “Tugas para agen ini memantau bagaimana kualitas hidup dari bulan pertama hingga bulan ke empat, apakah mengalami kenaikan atau penurunan”, ungkap Jodi.
Sementara itu menurut Putu Gede Suka Andayasa, selaku agen pemulihan dari kalangan Recovery Addict, agen pemulihan bertugas untuk memberikan pendampingan atau menjangkau para pecandu yang sudah di rehabilitasi. “Kita sebagai petugas agen pemulihan lebih jauh terlibat memulihkan teman-teman yang baru saja menjalani rehabilitasi”, kata Gede. Gede melanjutkan, sebagai agen pemulihan dia memantau langsung baik ke keluarga maupun lingkungan pergaulannya sehingga bagi pecandu yang telah selesai menjalani program rehabilitasi terawasi secara intensif.
Selain Gede, Putra Swardana yang merupakan tokoh masyarakat di Desa Pamogan yang juga sebagai agen pemulihan mengatakan, orang-orang yang telah menjalani rehabilitasi akan didampingi untuk memunculkan jatidirinya. “Kita memberikan motivasi, bahwa hidup ini masih panjang kedepan”, ucap Swardana. Selama melakukan pendampingan Swardana masih menemukan orang yang akan dibina masih dilabeli buruk oleh masyarakat.
“Selain melakukan pembinaan kepada pecandu kita juga merubah mindset di masyarakat bahwa orang yang kita pulihkan ini merupakan korban yang harus diselamatkan”,  lanjut Swardana.

BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN

Instagram: @infobnn_ri
Twitter. :@infobnn
Facebook Fan page : @humas.bnn
YouTube: Humasnewsbnn

#Bersinar

#Stopnarkoba

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel