Data dari Kantor Berita Antara menyebutkan bahwa sebanyak 86% pemberitaan yang beredar di media massa setiap harinya bersumber dari pemerintah. Berbagai berita mengenai kinerja pemerintah, baik yang bersifat baik ataupun buruk menjadi santapan media massa untuk selanjutnya diteruskan kepada publik. Dari besaran prosentase itu kita dapat melihat bahwa birokrat atau pemerintahan menjadi sumber yang sexy bagi media massa untuk mengemas pemberitaan di medianya masing-masing. Menyikapi realita di atas, tentunya pihak pemerintah dituntut untuk senantiasa siap dalam memberikan informasi ataupun klarifikasi yang dibutuhkan media massa. Pihak humas sebagai representasi kementerian / lembaga pemerintah, harus mampu membekali diri dengan berbagai keterampilan yang dapat memudahkan dalam menjalin komunikasi dan koordinasi dengan media massa. Selain itu humas juga dituntut untuk lebih memaksimalkan penggunaan internet dalam mendukung tugas pokok dan fungsinya sehari-hari. Semua ini penting dilakukan humas sebagai bagian strategi dalam membangun image positif institusinya masing-masing kepada publik.Demikian benang merah yang didapat dari pelaksanaan Bimbingan Teknis Bakohumas yang difasilitasi oleh Bakohumas Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informasi, beberapa waktu lalu. Kegiatan yang diadakan di Hotel Horison Boyolali – Solo ini diikuti oleh sekitar 50 orang perwakilan dari humas kementerian, lembaga, pemprov, dan pemkab/kota. Para peserta mendapatkan materi mengenai teknik penulisan, analisis konten media, dan manajemen media online.Menurut Abdul Kohar, salah seorang narasumber dari Divisi Pemberitaan Media Grup, penting untuk tidak memberikan ruang abu-abu dalam setiap informasi yang kita sampaikan kepada media. Usahakan setiap informasi yang kita sampaikan kepada media hanya memuat penafsiran tunggal, tidak lebih, ujarnya.Sementara itu Tjahyo Utomo dalam materinya mengenai Online Media Management menjelaskan bahwa saat ini telah terjadi perubahan yang luar biasa bagi masyarakat dunia dalam penggunaan teknologi informasi. Jika sebelumnya masyarakat banyak mendapatkan informasi melalui media konvensional seperti koran, radio dan televisi, maka trend itu kini mulai bergeser. Masyarakat saat ini mulai akrab dengan berbagai gadget seperti smartphone atau komputer tablet yang dapat memudahkan mereka dalam memperoleh informasi. Media sosial seperti facebook dan twitter juga mampu mendekatkan orang-orang yang selama ini berjauhan untuk saling berkomunikasi. Namun bila merujuk pada data yang dikeluarkan Nielsen Media Index, disebutkan bahwa penggunaan internet di kalangan masyarakat Indonesia saat ini baru mencapai 21%. Tertinggal cukup jauh bila dibandingkan dengan Singapura yang 67% atau Vietnam 56%.Oleh karenanya melalui kegiatan bimbingan teknis ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi para peserta dalam mendukung tugas kehumasan sehari-hari, khususnya berkaitan dengan pemanfaatan peran media massa.
Berita Utama
PEMERINTAH PERLU MAKSIMALKAN PERAN MEDIA MASSA
Terkini
-
KEPALA BNN RI LANTIK PEJABAT PRATAMA, TEKANKAN TIGA NILAI UTAMA 03 Sep 2025
-
KEPALA BNN RI TEMUI MENKO POLKAM, SATUKAN LANGKAH WUJUDKAN INDONESIA BERSINAR 02 Sep 2025
-
PERPANJANGAN JADWAL PENDAFTARAN SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA BNN T.A. 2025 02 Sep 2025
-
TINJAU FASILITAS STRATEGIS DI LIDO, KEPALA BNN RI PETAKAN POTENSI DAN TANTANGAN 01 Sep 2025
-
KEPALA BNN RI LAKUKAN AUDIENSI KE BARESKRIM, PERKUAT SINERGI PEMBERANTASAN NARKOTIKA 01 Sep 2025
-
Bimbingan Teknis Life Skill bagi masyarakat pada kawasan rawan narkoba di Provinsi Kalimantan Barat 29 Agu 2025
-
KEPALA BNN RI TEGASKAN KOMITMEN PERANG MELAWAN NARKOBA UNTUK KEMANUSIAAN 28 Agu 2025
Populer
- PENYEMPURNAAN PERUBAHAN RUU NARKOTIKA, BNN SERAP ASPIRASI PENEGAK HUKUM DAN AKADEMISI DI JAMBI 04 Agu 2025
- BELAJAR DARI DESA PONGGOK, BNN KEMBANGKAN STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT 08 Agu 2025
- DUKUNG AKUNTABILITAS REKRUTMEN ASN, BNN IKUTI EVALUASI PENGAWASAN CPNS OLEH OMBUDSMAN 08 Agu 2025
- 65 PEJABAT FUNGSIONAL RESMI DILANTIK, BNN PERKUAT KINERJA ORGANISASI BERBASIS KOMPETENSI 08 Agu 2025
- SEMINAR IKM SEMESTER I 2025: BNN PERKUAT LAYANAN REHABILITASI BERBASIS DATA 06 Agu 2025
- BNN, KEMENDESA PDT, DAN POLRI BERGERAK BERSAMA UNTUK DESA BERSINAR 06 Agu 2025
- PENGUMUMAN SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA BNN T.A. 2025 12 Agu 2025