Berita Utama

Komunikasi Persuasif Ampuh Cegah Penyalahgunaan Narkoba

Dibaca: 96 Oleh 28 Agu 2020Tidak ada komentar
Komunikasi Pesuasif Ampuh Cegah Penyalahgunaan Narkoba
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

BNN.GO.ID – Jakarta, Berkomunikasi adalah cara manusia untuk bertukar informasi agar saling terhubung antara satu dengan yang lainnya.

Melalui komunikasi seseorang juga dapat saling mempengaruhi untuk melakukan hal-hal yang berdampak positif bagi kehidupan bangsa dan negara.

Salah satunya, yaitu berkomunikasi untuk menyosialisasikan bahaya Narkoba yang saat ini menjadi ancaman bangsa dan negara ini.

Setidaknya inilah yang menjadi tantangan besar bagi para Relawan Anti Narkoba yang akan berkontribusi dalam pencegahan penyalahgunaan Narkoba.

Kepala Bagian Peliputan, Layanan Informasi, dan Perpustakaan Biro Humas dan Protokol BNN, M. Affan Eko Budi S, S.IP., M.Si., menjelaskan bahwa dibutuhkan strategi dan teknik dalam membangun komunikasi yang efektif agar tujuan komunikasi tersebut tercapai.

Menurut Affan, dalam upaya pencegahan Narkoba, teknik komunikasi yang dapat digunakan adalah teknik komunikasi persuasif.

“Komunikasi persuasif paling sesuai dalam menyampaikan informasi pencegahan penyalahgunaan Narkoba”, ujar Affan pada saat mengisi materi dalam kegiatan Asistensi Penguatan Dalam Rangka Pembentukan Relawan Anti Narkoba pada Stakeholder di Lingkungan Instansi dan Organisasi/Kelompok Masyarakat, di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (26/8).

Komunikasi persuasif bertujuan untuk mengubah atau memengaruhi kepercayaan, sikap, dan perilaku seseorang.

Untuk itu, sebelum berkomunikasi tentang Narkoba, Relawan harus membekali diri dengan pengetahuan tentang Narkoba dengan segala aspeknya.

Informasi tentang Narkoba kemudian dikemas kedalam komunikasi yang halus, luwes, dan menekankan sisi psikologis sehingga mengakibatkan kesadaran dan kerelaan orang tersebut untuk tidak menggunakan Narkoba.(SP)

Komunikasi Persuasif Ampuh Cegah Penyalahgunaan Narkoba

Komunikasi Pesuasif Ampuh Cegah Penyalahgunaan Narkoba

Biro Humas dan Protokol BNN RI
#Hidup100persen

Instagram: @infobnn_ri
Twitter. : @infobnn
Facebook Fan page : @humas.bnn
YouTube: Humasnewsbnn

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel