Bidang Pemberdayaan Masyarakat

Beta Anak Anti Narkoba

Oleh 18 Jul 2019 Agustus 2nd, 2019 Tidak ada komentar
Beta Anak Anti Narkoba
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba 

Beta ini anti narkoba, mau hidup tanpa narkoba, jangan coba pakai narkoba, kalau ale seng mau, sengsara…sengsara…

Begitulah petikan lirik lagu yang dinyanyikan dengan lantang oleh para penggiat anti narkoba di Ambon, Rabu (17/7), dalam kegiatan Bimbingan Teknis Penggiat Anti Narkoba Bidang P4GN di Lingkungan Pendidikan.

Menurut Ella Kalamatu, seorang widyaiswara dari Badan Pengembangan SDM Provinsi Maluku, penggiat anti narkoba juga perlu memiliki lagu atau yel-yel yang bisa membuat semangat dalam melaksanakan tugasnya.

Saat memberikan materi tentang dinamika kelompok, Ella mengatakan penggiat anti narkoba harus menguasai beberapa hal agar nantinya upayanya maksimal. Pertama, dia harus mampu mengenali diri sendiri dengan cara menggali potensi dirinya, baik mengidentifikasi kelemahan atau kekuatannya.

“Hal ini bisa menjadi modal untuk inspirator, atau role model, dengan catatan biasakan hal-hal yang positif dan meminimalisir hal yang negatif,” imbuhnya.

Hal selanjutnya, yang perlu dikuasai adalah mengenal orang lain. Menurutnya, manusia perlu perlu mengenal orang lain, karena sebagai makhluk sosial, perlu interaksi dengan orang lain, dalam rangka memenuhi kebutuhannya dan mencapai tujuan bersama. Dalam hal ini, penggiat anti narkoba harus mahir dalam berkomunikasi sehingga pesan yang disampaikan bisa tepat sasaran.

Baca juga:  Seluruh Civitas Akademika Unisma Bekasi Jalani Tes Urine

Di akhir sesi materinya, Ella berharap agar para penggiat anti narkoba ini mampu menyebarkan virus anti narkoba di masyarakat agar tujuan bersama yaitu Indonesia Emas dan Indonesa Bebas Narkoba bisa tercapai.

Biro Humas dan Protokol BNN RI

#bersinar

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel