PRESS RELEASE AKHIR TAHUN BNN 2008

30 Desember 2008

Hasil kinerja yang telah dicapai oleh BNN selama tahun 2008

PRESS RELEASE PELAKSANAAN MOU BNN DENGAN PWI & ASIREVI

24 Maret 2008

Data kasus tindak pidana Narkoba di Indonesia sejak tahun 2001 hingga 2007 menunjukkan kecenderungan yang semakin meningkat. Pada tahun 2001, tercatat 3.617 kasus dengan jumlah tersangka 4.624 orang, dan pada tahun 2007 (Desember) melonjak menjadi 22.630 kasus dengan tersangka sebanyak 36.169 orang. Kelompok penyalahguna terbesar berada pada rentang usia 16 - 29 tahun sebesar 20.170 orang, dengan rincian pada tingkat pendidikan Sekolah Dasar (SD) sebanyak 4.138 siswa, SMP dan SMA sebanyak 31.213 siswa serta Perguruan Tinggi berjumlah 818 mahasiswa.Menyikapi kondisi demikian, Badan Narkotika Nasional (BNN) telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Asosiasi Industri Rekaman Video Indonesia (ASIREVI) pada tanggal 24 Maret 2008. PWI diwakili oleh Drs. Tarman Azzam selaku Ketua Umum dan ASIREVI diwakili oleh Drs. Nurdin Umar, MM yang juga sebagai Ketua Umum.Pelaksanaan MoU ini dilandasi oleh pertimbangan bahwa dalam melaksanakan visi BNN mewujudkan masyarakat Indonesia Bebas Narkoba pada tahun 2015 dibutuhkan peran serta aktif, bukan hanya dari instansi pemerintah semata namun juga kepedulian dari berbagai pihak dan masyarakat. Selain itu mengingat dampak serta bahaya penyalahgunaan Narkoba tersebut memiliki korelasi terhadap kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara khususnya para generasi muda, maka diperlukan partisipasi dari kita semua untuk melawannya.Terkait dengan fungsi pers sebagai media informasi, pendidikan dan kontrol sosial, maka PWI dan ASIREVI mempunyai potensi untuk turut mendukung upaya Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan & Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) melalui program sosialisasi bahaya penyalahgunaan Narkoba berbasis media massa dan rekaman video. Dengan adanya pesan-pesan serta gambaran bahaya penyalahgunaan Narkoba melalui media massa dan rekaman video tersebut, diharapkan dapat menggugah kepedulian serta kewaspadaan masyarakat untuk turut memerangi penyalahgunaan Narkoba yang dapat terjadi disekitarnya.Kerjasama ini juga menunjukkan wujud keterpaduan antara BNN sebagai instansi pemerintah untuk bersama-sama dengan PWI dan ASIREVI yang merupakan instansi non pemerintah dalam melaksanakan upaya pencegahan penyalahgunaan Narkoba.

PRESS RELEASE AKHIR TAHUN 2007

2 Januari 2008

Hasil kinerja yang telah dicapai oleh BNN selama tahun 2007

PENANGKAPAN ADUL ROHIM bin H.M. KASIM di HOTEL MENARA PENINSULA JAKARTA BARAT

26 November 2007

Pada hari Minggu, tanggal, 11 November 2007 sekitar Pukul 16.30 Wib Tim Unit I Dit VI /TP Narkoba dan KT Bareskrim Polri yang dipimpin oleh AKBP Drs. MOKOAGOW, SH.MH dkk (4 Orang Anggota) , berangkat ke Hotel Menara Peninsula, Slipi Jakarta Barat, untuk melakukan penyelidikan, kerena Drs. MOKOAGOW, SH.MH telah menerima informasi dari masyarakat tentang adanya Sindikat Narkoba yang menginap di lt. 23 Kamar 2319, Hotel Menara Peninsula, Slipi Jakarta Barat yang diduga menyimpan Psikotropika secara umum dikenal dengan ekstasi dalam jumlah besar di kamar tersebut

HASIL KEGIATAN PENGUNGKAPAN CLANDESTINE LABORATORY DI BATAM Oktober 2007

22 November 2007

2 Warga negara Taiwan yang bernama WANG, Chin-I dan TSAI, Tsai-Cheng, mempersiapkan Clandestine Laboratory Methamphetamine (Shabu) di Indonesia sekitar bulan Mei 2007, shabu tersebut akan diproses di Pabrik dan dipasarkan di Indonesia dan juga diselundupkan ke Taiwan dan China daratan.