BNN Gandeng Bank BCA Kejar Pencucian Uang Hasil Peredaran Gelap Narkotika


Jumat, 5 April 2019
[ratings]

Kejahatan narkotika yang merupakan extraordinary crime ternyata tidak hanya berdiri sendiri. Berdasarkan temuan di lapangan, kejahatan narkotika juga melibatkan pencucian uang lintas negara. Oleh sebab itu, Badan Narkotika Nasional (BNN) berupaya untuk menanggulangi hal tersebut dengan menggandeng Bank Central Asia (BCA) sebagai salah satu bank besar di Indonesia dan memiliki cakupan yang cukup luas di Asia.

BNN dan BCA sepakat untuk bekerja sama dengan menandatangani nota kesepahaman terkait dengan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika (P4GN), Jumat (5/4). Penandatanganan yang berlangsung di Menara BCA tersebut diwakili oleh Heru Winarko selaku Kepala BNN bersama Jahja Setiaatmadja selaku Presiden Direktur dan kuasa dari Vera Eve Lim selaku Direktur mewakili Direksi PT. Bank Central Asia Tbk.

Beberapa poin penting yang menjadi ruang lingkup dalam kerja sama ini diantaranya peningkatan peran serta BCA dalam mendukung kegiatan P4GN dengan penyebaran informasi melalui berbagai sarana dan prasarana yang dimiliki BCA, koordinasi terkait data dan informasi tindak pidana pencucian uang (TPPU) dalam kasus tindak pidana narkotika, pembentukan relawan anti narkoba, membantu pembinaan dan peran BCA sebagai penggiat anti narkoba, serta donasi sukarela dalam mendukung kegiatan P4GN. Selain poin-poin tersebut, kedua belah pihak juga sepakat terkait dengan penyediaan dan pemanfaatan produk serta layanan perbankan serta pelaksanaan tes uji narkoba dan berbagai bidang-bidang lain dalam rangka mendukung program P4GN.

Kerja sama antara BNN dan BCA dalam bidang P4GN ini diharapkan mampu menciptakan lingkungan kerja yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. Secara lebih luas, kerja sama ini juga diharapkan akan memudahkan langkah BNN dalam mengungkap berbagai tindak kejahatan pencucian uang terkait dengan bisnis peredaran gelap narkotika yang saat ini tidak hanya ada pada lingkup nasional tetapi juga regional bahkan internasional.

HUMAS BNN

Leave a Reply

  • (will not be published)

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>