Wadah Sosialisasi Rehabilitasi Melalui ARENA


Jumat, 23 November 2018

Bidang rehabilitasi BNNP Jawa Timur menggelar Sosialisasi Layanan Rehabilitasi Ajang Kreasi Tanpa Narkoba (ARENA), di Grand City, Surabaya. Senin (7/5). Kegiatan ini sebagai bentuk wadah sosialisasi program rehabilitasi di Jawa Timur.

Sosialisasi rehabilitasi penting untuk dimaksimalkan mengingat rendahnya angka kunjungan rehabilitasi. Karena itulah BNNP Jatim mengambil langkah inovatif melalui kegiatan Ajang Kreasi Tanpa Narkoba. Kegiatan ini berupa pendirian stand di tempat umum, sebagai media pemberian informasi edukasi kepada masyarakat luas mengenai program rehabilitasi pagi pecandu dan penyalahguna narkoba.

Kepala BNNP Jatim, Drs. Bambang Budi Santoso, mengatakan masalah yang terjadi saat ini adalah rendahnya angka kunjungan rehabilitasi. 1 dari 4 pelajar / mahasiswa yang merupakan penyalahguna, bersedia ikut mengakses tempat rehabilitasi. Hal ini disebabkan oleh rendahnya akses rehabilitasi para pecandu terkait budaya adanya stigma dan diskriminasi serta kriminalisasi atas penggunaan narkotika.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan akan semakin mendekatkan dan memperkenalkan layanan BNN khususnya BNNP Jawa Timur kepada masyarakat, yang salah satunya adalah layanan rehabilitasi bagi korban penyalahguna di wilayah Jawa Timur.

Kepala BNN, Komjen Pol Heru Winarko, menambahkan bahwa korban penyalahguna masih ada yang takut untuk melapor.

“Jangan sampai keluarga yang anggota keluarganya terkena narkoba tidak mau lapor karena takut ditangkap, padahal di undang-undang bahwa jelas mereka perlu di rehab,” ungkap Kepala BNN memungkasi.