LOKA REHABILITASI DELI SERDANG DIRESMIKAN, PECANDU NARKOBA GANTUNGKAN NASIB PADA KEPALA BNN


Jumat, 23 November 2018

“Tolong bantu Kami,  Tolong bimbing Kami,  agar bisa memiliki masa depan!” Kiranya inilah jeritan hati pecandu Narkoba yang sedang menjalani masa pemulihan di Loka Rehabilitasi Deli Serdang, Sumatera Utara, kepada Kepala BNN, Komjen Pol Drs.  Heru Winarko, S.H.,  pada acara Peresmian Loka Rehabilitasi BNN Deli Serdang, di Deli Serdang,  Sumatera Utara, Kamis (12/4).
Disampaikan dalam bentuk puisi dan lagu, perwakilan ketiga residen juga mengungkapkan rasa terima kasihnya atas perhatian dan kasih sayang Kepala BNN terhadap korban penyalahgunaan narkotika melalui peresmian Loka Rehabilitasi Deli Serdang.
Dalam sambutannya,  Kepala BNN memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah Sumatera Utara yang telah membantu hingga loka rehabilitasi ini dapat berdiri dan beroperasional secara maksimal.
Loka Rehabilitasi ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Sulawesi Utara. Pasalnya, berdasarkan hasil penelitian tahun 2017 yang dilakukan oleh BNN bekerja sama dengan Puslitkes UI, Sumatera Utara menduduki ranking ke 2, provinsi dengan jumlah penyalahguna narkotika terbanyak,  yaitu sebanyak 2,53%.
Program Manager Loka Rehabilitasi Deli Serdang,  Joko Suraji, mengatakan bahwa mayoritas pecandu Narkoba yang ada di loka rehabilitasi tersebut menyalahgunakan narkotika jenis ganja dan shabu.  Sedangkan residen yang umumnya melakukan rehabilitasi di Deli Serdang berasal dari Medan, Aceh, dan Padang.
Dengan diresmikannya loka rehabilitasi ini, diharapkan dapat berfungsi dan bermanfaat bagi pecandu narkotika yang ingin pulih dari ketergantungan.
Tentang Loka Rehabilitasi
Loka Rehabilitasi Deli Serdang merupakan salah satu unsur pendukung pelaksana tugas BNN yang memiliki peranan penting dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).
Loka rehabilitasi ini dibangun di atas tanah seluas 15.000 meter persegi dengan luas bangunan 2.400 meter persegi.
Adapun jumlah residen yang telah mendapatkan pelayanan rehabilitasi sejak beroperasional pada akhir tahun 2017 adalah sebanyak 180 residen.
Loka Rehabilitasi Deli Serdang  difasilitasi dengan sarana dan prasarana yang lengkap, seperti ruang medis, laboratorium, poli gigi, ruang IGD, apotek, hingga mess karyawan.
#stopnarkoba
HUMAS BNN