Pelatihan Budi Daya Jahe Merah oleh BNN dan Bintang Toedjoe


Jumat, 23 November 2018

Direktorat Pemberdayaan Alternatif Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat BNN kembali mengadakan pelatihan budi daya jahe merah di kawasan rawan narkoba, di  RPTRA Johar Baru pada Kamis (23/08). Sebelumnya kegiatan serupa juga  dilaksanakan di  Menteng pada Selasa (21/08).
Kegiatan ini bekerjasama dengan CSR Bintang Toedjoe di mana jahe merah merupakan salah satu bahan herbal utama dalam produknya. Kepala Sub Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan, Pol Tri Setiyadi mengatakan kerja sama ini merupakan kelanjutan dari nota kesepahaman antara BNN dengan PT Bintang Toedjoe, sebagai bentuk kepedulian Bintang Toedjoe pada masyarakat yang tinggal di kawasan rawan narkoba.
Sementara itu, Camat Johar Baru, Choir dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada BNN dan Bintang Toedjoe, karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama ibu-ibu dalam membantu perekonomian dan menambah kesibukan. Ia berharap kegiatan ini akan terus berlanjut, tidak hanya semangat di awal saja. Kepada para peserta, ia mengimbau agar para peserta mengikuti dan menerapkan pelatihan ini dengan serius agar tidak sia-sia.
Selama kegiatan berlangsung,, PT Bintang Toedjoe memberi paparan dan contoh penanaman jahe merah kepada para peserta yang didominasi oleh ibu-ibu PKK setempat.  Semua alat dan bahan yang dibutuhkan seperti bibit, pupuk, polybag, dan hormon diberikan secara cuma-cuma sebanyak 550 paket kepada fasilitator di Johar Baru untuk kemudian dibagikan kepada kelompok ibu-ibu PKK. Selama masa percobaan budi daya, setiap 1 bulan pihak Dayamas dan PT Bintang Toedjoe akan mengontrol perkembangannya. Setelah panen, hasil jahe merahnya akan di beli lagi oleh PT Bintang Toedjoe untuk digunakan sebagai bahan dasar pembuatan produknya.
Para peserta terlihat antusias dengan kegiatan ini. Tak kurang dari 25 peserta yang mennghadiri kegiatan dan banyaknya pertanyaan yang diajukan merepresentasikan semangat mereka untuk melakukan penanaman bibit yang diberikan.