JANGAN BILANG TIDAK PADA GENERASI MILENIAL


Selasa, 9 April 2019
[ratings]

Di hari kedua Bimbingan Teknis Penggiat Anti Narkoba Lingkungan Pendidikan, Direktorat Peran Serta Masyarakat BNN turut menyajikan materi Public Speaking Dalam Penyampaian P4GN dengan Verani Indiarma, M.A sebagai pemateri.
Dalam paparannya, Verani memberikan cara bagaimana menyampaikan informasi bahaya penyalahgunaan narkoba pada generasi milenial.

Verani menilai perlu trik khusus berbicara dengan generasi milenial agar informasi yang kita sampaikan dapat didengar dan diterima dengan baik.

“Berbicara dengan generasi milenial tidak bisa dengan kekerasan, atau dengan cara menyerang. Kita harus punya koneksi, gunakan komunikasi sejajar”, jelasnya.

Dosen Universitas Bengkulu ini meyakini perlu adanya pendalaman terhadap sikap apapun yang ditunjukkan oleh milenial. Verani memberi contoh penggunaan gadget saat berada pada forum diskusi bersama milenial.

“Ada salah satu mahasiswa yang terlihat sedang diskusi sambil main gadget, ternyata setelah didalami, yang ia lakukan adalah mencari referensi lain dari apa yang saya bicarakan di kelas”, kisahnya.

“Ini sebagai salah satu contoh, bahwa perlu adanya koneksi dalam berkomunikasi dengan milenial, atau dengan siapapun. Tidak asal judge dan bilang tidak” imbuhnya.

Dosen berparas cantik ini berpendapat komunikasi bahaya narkoba akan lebih efisien jika kita menjelaskan secara perlahan, mengapa itu berbahaya dan apa dampaknya jika kita lakukan. Melarang untuk melakukan penyalahgunaan narkoba hanya membuatnya semakin penasaran tanpa bekal pengetahuan bahaya narkoba yang cukup.

Humas BNN