Ada SHIELD di Loka Rehabilitasi BNN Batam, Ada Apa Gerangan?


Rabu, 24 April 2019
[ratings]

Pelayanan rehabilitasi memang butuh inovasi tinggi. Dalam hal ini, Loka Rehabilitasi BNN Batam kembali membuat gebrakan baru dengan konsep Recovery SHIELD. Anda pasti penasaran, apakah ada para ksatria Avenger ikut terlibat di dalamnya?

Jadi SHIELD di sini, bukan pusatnya agent para manusia dengan kekuatan super, akan tetapi sebuah program yang memiliki berbagai tujuan super untuk klien rehabilitasi. SHIELD itu sendiri adalah kependekan dari Soft Skill and Hard Skill Integrated With Environment Learning Development. So, tidak bakalan ada Spiderman gelantungan di gedung atau Hulk berlarian sambil menghancurkan bangunan. Fakta yang ada adalah, BNN melalui Loka Rehabilitasi BNN Batam menghadirkan berbagai solusi untuk klien (residen) untuk kembali pulih dan bisa survive ketika lepas dari program rehabilitasi.

Kepala Loka Rehabilitasi BNN Batam, dr. Danu Cahyono sedikit menjelaskan bahwa program ini pada intinya memberikan klien penguatan pada aspek survival skill yaitu dengan cara mengkombinasikan soft dan hard skill disertai dengan pengenalan lingkungannya agar sesuai dengan dengan kebutuhan pemulihannya setelah masa rehabilitasi.

Sedangkan untuk elaborasinya, Bro Acep, yang merupakan Program Manager di Loka Rehabilitasi BNN Batam memberikan sedikit bocoran dari program yang akan segera diluncurkan ini.

Menurutnya, berawal dari pengamatan tim Loka Rehabilitasi BNN Batam, bahwa selama ini residen yang keluar dari program rehabilitasi membawa porsi bekal vokasional jauh lebih banyak ketimbang soft skill nya. Oleh karena itulah, pihak Loka ingin mengintegrasikan antara soft dan hard skill yang diperkuat dengan kemampuan menganalisis lingkungan sehingga dia bisa mengindentifikasi lingkungan yang tepat atau cocok dengan dirinya & pemulihannya.

Ia mencontohkan, ada klien yang setelah rehabilitasi memiliki skill dalam bidang perbengkelan dan kembali membuka jasa bengkel ke tempat tinggal yang lama. Namun, lingkungan tersebut ternyata tidak cocok dan justru malah kembali relapse.

Di sinilah pentingnya pembekalan materi atau program yang lebih komprehensif, yaitu kemampuan soft skill seperti kemampuan memimpin, kerja sama tim, kemampuan komunikasi dan menyelesaikan masalah.

Adapun instrument yang digunakan antara lain, ada yang sifatnya self-assessment dengan panduan yang disiapkan, metode observasi dan analisis lingkungan.

Nah, Program SHIELD ini tentu akan berhasil jika melibatkan banyak jagoan-jagoan lainnya. Tentunya, selain jajaran yang ada di Loka, nantinya akan bergabung para manusia super dari jajaran LPK sebegai Penyedia latihan/keterampilan, BLK, Dinas UMKM dan beberapa perusahaan yang punya prospek memberikan dukungan lewat CSRnya.

Program ini sudah dipresentasikan oleh Kepala Loka Rehabilitasi BNN Batam di hadapan Deputi Rehabilitasi dan Direktur Penguatan Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah (PLRIP) yang mendapatkan respon positif. Ke depannya, program ini akan diujicobakan kepada 20 orang staf.