CONTACT CENTER BNN  .    callcenter@bnn.go.id  .    184  .  SMS/Whatsapp   081-221-675-675  .  BBM   2BF297D7

Berita

Time Line @INFO BNN

Serius Tangani Permasalahan Narkotika Kawasan Perbatasan, Kepala BNN Kunjungi Dua Negara

Mari berbagi :    

Kepala BNN, Komjen Pol. Drs. Heru Winarko didampingi oleh Deputi Bidang Pemberantasan, Deputi Bidang Hukum dan Kerja Sama, para Kepala BNN Provinsi di sekitar daerah perbatasan, serta para pejabat terkait di lingkungan pemberantasan BNN lakukan kunjungan kerja ke Malaysia dan Singapura dalam upaya pemberantasan penyelundupan narkotika di jalur-jalur perbataasan. Kunjungan kerja yang berlangsung selama 4 hari terhitung sejak Selasa 19 September sampai dengan 22 September 2018 tersebut diisi dengan mengunjungi beberapa instansi terkait diantaranya Narcotics Criminal Investigation Department (NCID) of Royal Malaysia Police, Special Branch of Royal Malaysia Police; Narcotics Anti Drugs Agency (NADA); dan Central Narcotics Bureau of Singapore (CNB).

Dalam kunjungan kerjanya ke NCID, Kepala BNN beserta rombongan bertemu dengan Director of NCID, Dato’ Sri Mohmad Bin Salleh dan membahas berbagai isu terkait permasalahan narkoba di kawasan yang semakin masif. Sementara itu, Deputi Bidang Pemberantasan BNN, Arman Depari melakukan pertemuan bersama Deputy  Director of Intelligence Operation of the NCID, YDH DCP Dato’ Kang Chez Chiang untuk membahas beberapa kasus penyelundupan narkotika yang telah terjadi di daerah perbatasan. Pertemuan tersebut juga membahas kerja sama dalam meningkatkan pengawasan money changer yang kerap digunakan sebagai sarana pencucian uang hasil tindak pidana narkotika.

Setelah mengunjungi NCID, Kepala BNN dan rombongan bertemu dengan Kepala Pengarah NADA yang membahas berbagai persoalan dan informasi-informasi terkini seputar narkotika, baik pencegahan, pemberantasan, kerja sama, rehabilitasi, maupun pemberdayaan masyarakat. Kunjungan kerja ke Malaysia pun dimanfaatkan oleh Kepala BNN beserta rombongan untuk bertemu dengan Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Rusdi Kirana. Dalam pertemuan tersebut Rusdi menyampaikan pentingnya sosialisasi dan edukasi kepada para TKI agar tidak mudah terperdaya oleh para bandar sebagai kurir narkoba mengingat jumlah TKI di Malaysia yang jumlahnya cukup besar hingga mencapai 2,5 juta orang.

Selain melakukan kunjungan kerja ke Malaysia, Kepala BNN dan rombongan juga melakukan meeting bilateral bersama CNB yang dipimpin langsung oleh Director of CNB, Mr. Ng Ser Song di Singapura. Sama halnya seperti di NCID dan NADA, BNN dan CNB juga membahas beberapa isu narotika dan berbagai kemungkinan kerja sama yang dapat dijalin diantara keduanya.

Berdasarkan pertemuan baik dengan Malaysia maupun Singapura, beberapa poin penting yang menjadi kesepakatan diantaranya yaitu adanya kerja sama terkait dengan masalah pencucian uang, pengawasan perbatasan, dan cyber security. BNN, NCID, NADA, dan CNB juga sepakat untuk mengoptimalkan Sekretariat ASEAN Seaport Interdiction Task Force, melakukan joint operation, dan mengadakan working group meeting yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2018.


  Ikuti Kami di Sosial Media

Kami berupaya untuk membuka kanal Sosial Media sebanyak mungkin agar selalu terhubung dengan Anda.

  Kontak Kami
  Alamat

Jl. MT. Haryono No. 11
Cawang, Jakarta Timur

Phone : (021) - 80871566 / 80871567
Mail : callcenter@bnn.go.id