CONTACT CENTER BNN  .    callcenter@bnn.go.id  .    184  .  SMS/Whatsapp   081-221-675-675  .  BBM   2BF297D7

Berita

Time Line @INFO BNN

Relawan Anti Narkoba UBL Dilantik Kepala BNN

Mari berbagi :    

Kepala BNN, Drs. Heru Winarko, S.H., melantik penggiat anti narkoba di Kampus Universitas Bandar Lampung (UBL) yang tergabung dalam Organisasi Mahasiswa Anti Narkoba (OMAN), di gedung auditorium UBL, Selasa (24/4).

Rektor UBL, Dr. Ir. H. M. Yusuf. S. Barusman, MBA mengatakan bahwa pihaknya sangat serius untuk menangkal ancaman bahaya narkoba di kampusnya. Hal ini ditandai dengan pembentukan para penggiat anti narkoba melalui OMAN. Saat ini, ada 108 mahasiswa yang tergabung dalam OMAN dan siap melakukan gerakan penanggulangan masalah narkoba.

Menurut Yusuf, kegiatan ini merupakan starting point untuk bergerak lebih serius. “Ini adalah bentuk kepedulian kita bersama melawan narkoba,” imbuhnya.

Dalam sambutannya, Rektor mengatakan bahwa selain kegiatan pelantikan hari ini, juga adanya peninjauan pusat studi kajian narkoba sekaligus pembukaan Selubung Kampus Bersih Narkoba. Lanjut Rektor, tanggung jawab deklarasi anti narkoba itu berat, tapi ini akan menjadi motivasi di lingkungan akademis untuk bebas dari penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

Ketika disinggung soal kajian, Rektor mengatakan pihaknya akan mengkaji masalah narkoba dari berbagai perspektif. Bahkan, kini pihaknya sudah menyediakan klinik yang melayani terapi masalah narkoba dengan pendekatan musik.

Menanggapi pentingnya penanggulangan narkoba di lingkungan Kampus, Kepala BNN, Drs. Heru Winarko, S.H., mengatakan kampus perlu untuk mendeklarasikan sebagai kawasan yang bersih dari narkoba. Hal ini tentunya akan jadi perhatian masyarakat, karena jika kampus itu banyak terjerat kasus narkoba, maka otomatis tidak akan ada peminatnya.

Di lingkungan kampus, hal penting yang harus digarisbawahi adalah pelatihan atau ToT untuk para dosen. Ketika mereka sudah terampil, maka mereka akan menjadi kepanjangan tangan BNN untuk mengkampanyekan bahaya narkoba ke seluruh mahasiswa.

Kurikulum juga penting untuk diterapkan di perguruan tinggi, mengingat masalah narkoba terus berkembang sehingga mahasiswa perlu memahami persoalannya.

Terkait dengan masalah narkoba, Kepala BNN juga mengajak para mahasiswa untuk lebih gencar dalam melakukan penelitian. “Coba itu teliti, apa yang terjadi di dalam lapas, mengapa ada bandar narkoba,” sambung Kepala BNN.

Satu pesan penting lagi yang disampaikan oleh Kepala BNN kepada masyarakat, agar tidak lupa untuk melakukan pengabdian masyarakat. “Para relawan anti narkoba harus turun langsung ke masyarakat untuk memberikan pemahaman bahaya narkoba,” ujar Kepala BNN di akhir sambutannya.

Dalam kunjungan kerjanya di UBL, Kepala BNN tak hanya melantik para relawan anti narkoba, akan tetapi juga melakukan tinjauan ke pusat studi kajian narkoba dan membuka selubung Kampus Bersih Narkoba.


  Ikuti Kami di Sosial Media

Kami berupaya untuk membuka kanal Sosial Media sebanyak mungkin agar selalu terhubung dengan Anda.

  Kontak Kami
  Alamat

Jl. MT. Haryono No. 11
Cawang, Jakarta Timur

Phone : (021) - 80871566 / 80871567
Mail : callcenter@bnn.go.id