CONTACT CENTER BNN  .    callcenter@bnn.go.id  .    184  .  SMS/Whatsapp   081-221-675-675  .  BBM   2BF297D7

Berita

Time Line @INFO BNN

SESTAMA BNN HADIRI UPACARA TULUDE DI KOTA KELAHIRAN

Mari berbagi :    

Sangihe, 31 Januari 2018
---------------------------
Sekretaris Utama Badan Narkotika Nasional (BNN), Drs. S. Mamadoa, menjadi tamu kehormatan dalam upacara adat Tulude, yang merupakan rangkaian acara ulang tahun Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, di Rumah Jabatan Bupati Kepulauan Sangihe, Rabu (31/1).

S. Mamadoa merupakan putra daerah yang dinilai berhasil dalam kiprahnya sebagai polisi dengan 2 (dua) bintang di pundaknya. Keberhasilannya ini merupakan kebanggaan bagi masyarakat Kepulauan Sangihe.

Upacara adat Tulude merupakan hajatan tahunan warisan para leluhur masyarakat Nusa Utara di ujung utara propinsi Sulawesi Utara.

Tradisi Tulude yang dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun Kepulauan Sangihe setiap tahunnya di tanggal 31 Januari ini telah terpatri dalam khasanah adat, tradisi, dan budaya masyarakat Nusa Utara.

Pada upacara adat Tulude di ulang tahun Kepulauan Sangihe yang ke-593 ini mengangkat tema "Tampungang Lawo Pesasarangu Tahanusang Indonesia Nakoa Sasuekang Bou Taghaloang Maudipe, Maipude Aseku Dingangu Matireda" yang artinya Kabupaten Kepulauan Sangihe Daerah Perbatasan NKRI sebagai gerbang maritim yang maju, sejahtera, dan mandiri.

Dalam sambutannya, Bupati Sangihe, Jabes Ezar Gaghana, SE., ME., mengatakan bahwa upacara adat Tulude bukan sekedar seremonial semata, tetapi sesungguhnya memiliki makna yang sangat dalam dan sakral, yaitu mengandung ungkapan syukur atas pencapaian yang diraih dan memohon ampun atas dosa-dosa yang telah diperbuat pada tahun yang lalu untuk membangun masa depan yang sejahtera dan mandiri.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Sulawesi Utara, Ir. Bach Adrianus Tinungki, M.Eng, berharap agar Tulude sebagai tradisi budaya yang menjiwai masyarakat daerah Kepulauan Sangihe ini dapat terus mendukung berbagai program pemerintah sebagai aset daerah yang juga merupakan aset budaya nasional yang diharapkan mampu menarik wisatawan untuk berkunjung sehingga dapat memacu percepatan pembangunan daerah.

Dalam perayaan 593 tahun Sangihe dan Upacara Adat Tulude 2018 ini ditampilkan seluruh kesenian daerah dan masakan khas daerah yang dipersiapkan oleh masyarakat.

Melalui acara ini diharapkan dapat mempererat persatuan dan kesatuan, memperkuat ekonomi rakyat, dan mempertebal semangat demokrasi.


  Ikuti Kami di Sosial Media

Kami berupaya untuk membuka kanal Sosial Media sebanyak mungkin agar selalu terhubung dengan Anda.

  Kontak Kami
  Alamat

Jl. MT. Haryono No. 11
Cawang, Jakarta Timur

Phone : (021) - 80871566 / 80871567
Mail : callcenter@bnn.go.id