KONTAK CENTER BNN  .    callcenter@bnn.go.id  .    184  .  SMS/Whatsapp   081-221-675-675  .  BBM   2BF297D7

Berita

Time Line @INFO BNN

Dukung Perang Terhadap Narkoba, Pemkot Hibahkan Tanah Pada BNN Kota Pontianak

Mari berbagi :    

Pontianak, 18 April 2017

B/BRP-28/IV/2017/HUMAS

====================

Sesuai arahan Presiden Jokowi bahwa saat ini Indonesia telah berada dalam darurat narkoba, maka perang terhadap narkoba harus dilakukan bersama-sama seluruh elemen bangsa.

Namun, kondisi darurat tersebut nyatanya tidak membuat semua elemen melakukan upaya maksimal dalam menanggulangi kondisi sebagaimana yang telah diungkapkan Presiden. Hal tersebut disampaikan Kepala BNN, Budi Waseso dalam acara tatap muka dan silaturahmi antara Kepala BNN dengan Walikota Pontianak di Pendopo Walikota Pontianak, Senin (17/4).

Pria yang akrab disapa Buwas itu pun menambahkan bahwa saat ini sedang terjadi proxy war dimana Indonesia mendapat serangan dari negara asing. Indonesia merupakan surga bargi barang haram narkotika. Hal ini diperparah dengan masyarakat yang tidak care atau apatis terhadap permasalahan ini. 

Lebih lanjut Kepala BNN menyampaikan bahwa Kalimantan Barat menjadi salah satu pintu gerbang masuknya narkotika dalam jumlah yang besar. 

"Menurut data di Indonesia setiap hari 50 orang meninggal karena narkotika. Tapi nyatanya kita tetap tenang, padahal ini ancaman bagi generasi kita," imbuh Kepala BNN.

Sejalan dengan hal tersebut Walikota Pontianak, Sutarmidji, menghimbau semua perangkat kota untuk dapat terlibat langsung dalam pemberantasan narkoba.

Dalam acara tersebut Kepala BNN juga memberikan apresiasi kepada kota Pontianak yang telah mengkampanyekan 'stop narkoba' dengan menempelkan di sepanjang jalan-jalan protokol kota Pontianak.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan serta pemberian hibah tanah dari Pemerintah Kota Pontianak kepada BNN Kota Pontianak seluas 2000 m2. Dengan demikian tanah yang tadinya berstatus pinjaman dari pemerintah kota pontianak kini telah menjadi milik BNN Kota Pontianak.#stopnarkoba

HUMAS BNN                        

<13:23, 4/18/2017> Jeffry: SINERGITAS UNTUK MEMBERANTAS di KALBAR

Pontianak, 18 April 2017

B/BRP-   27  /IV/2017/HUMAS

---------------------------------------------

Sinergitas seluruh lembaga  diperlukan untuk memberantas Narkoba khususnya di Provinsi Kalimantan Barat. Banyaknya daerah perbatasan di Kalimantan Barat menjadi sumber masuknya narkotika dalam jumlah yang besar.

Berdasarkan data Pusat Penelitian Data dan Informasi (Puslitdatin) Badan Narkotika Nasional (BNN) tahun 2015, prevalensi penyalahguna Narkoba di Kalimantan Barat sebanyak 65. 203 pengguna. Ini merupakan pangsa pasar yg cukup besar, apalagi Kalimantan Barat merupakan daerah yang berbatasan dengan negara tetangga seperti Malaysia. Oleh karena itu diperlukan sinergitas antar lembaga dan kementerian dengan tanggung jawab dan kewenangan masing-masing untuk memberantas Narkoba. 

Hal ini disampaikan oleh Kepala BNN, Budi Waseso, saat memberikan pengarahan kepada jajaran TNI, Polri, Kementerian Hukum dan HAM, Bea dan Cukai, serta Angkasa Pura se-Provinsi Kalimantan Barat, di Polda Kalimantan Barat, Selasa (18/4). 

Kepala BNN menegaskan agar TNI-Polri dapat dikerahkan untuk memberantas Narkoba. TNI bisa memanfaatkan Babinsa menyampaikan masalah narkotika melalui sudut pandang TNI atau ketahanan negara. Polri juga melalui Babinkamtibnas dapat menjelaskan bahaya narkotika dari sudut pandang hukum. 

Di sisi lain Kepala-Kepala Dinas Kesehatan dapat menjelaskan bahaya narkotika dari sudut pandang kesehatan, begitu pula Pemuka agama dan Praktisi Pendidikan dapat berperan sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

Menurut Budi Waseso, BNN diatas kertas tidak memiliki kemampuan untuk memberantas narkotika. Sampai saat ini keberhasilan BNN bisa terjadi karena sinergitas dengan semua lembaga dan kementrian seperti PPATK, Bea dan Cukai, TNI, Polri, serta BIN.

Kepala BNN berharap sinergitas dapat terbangun dengan baik. Karena Narkoba merupakan permasalahan seluruh elemen bangsa, bukan hanya BNN atau pemerintah semata.

"Menghadapi permasalahan Narkotika harus dibangun dengan komitmen bersama, maka saya perlu melakukan tatap muka langsung kepada rekan-rekan untuk bisa menyampaikan ini", tutup Kepala BNN.

#stopnarkoba

Humas BNN


  Ikuti Kami di Sosial Media

Kami berupaya untuk membuka kanal Sosial Media sebanyak mungkin agar selalu terhubung dengan Anda.

  Kontak Kami
  Alamat

Jl. MT. Haryono No. 11
Cawang, Jakarta Timur

Phone : 184
Mail : callcenter@bnn.go.id